التعليم السياقي لمادة اللغة العربية

Ahmad Hamdani

Abstract


Abstrak
Pembelajaran bahasa Arab di dunia Islam terutama bagi
orang-orang yang tidak berkecimpung dalam bahasa Arab
atau orang-orang yang non Arab yaitu orang-orang yang
tidak terbiasa berbicara bahasa Arab, terdapat masalah dan
kesulitan tersendiri. Menurut Doktor Nasruddin Idris Jauhar,
bahwa kesulitan mempelajari bahasa Arab bagi orangorang
yang tidak terbiasa mengucapkan bahasa Arab adalah
ketika dalam pembelajaran menggunakan sistem dan metode
yang hanya mengikuti pembelajaran bahasa Arab yang ada,
tanpa memperhatikan metode-metode yang baru dan tanpa
memperhatikan kesiapan dan kebutuhan pelajar, maka dari
itu dalam pembelajaran dibutuhkan dasar-dasar kebahasaan,
pendidikan, psikologi dan budaya, sehingga bahasa Arab
dapat teratur dan mengena pada pelajar. Kedua kesulitan
belajar bahasa Arab bagi orang-orang yang tidak terbiasa
mengucapkan bahasa Arab di Indonesia, bahwa pembelajaran
bahasa Arab lebih menekankan pada kaidah bahasa Arab dan
terjemah teks-teks untuk menunjang kajian Al-Qur’an dan
Hadits. Oleh karena diperlukan metode pembelajaran baru
yang efektif diajarkan oleha pengajar-pengajar bahasa Arab
yang profesional yang mengetahui kebutuhan, karakter dan
tujuan bahasa Arab bagi pelajar. Disamping itu diperlukan
strategi pembelajaran yang menyentuh pada aspek multi
media, dan juga mengatur atau manajemen kelas, manajemen
siswa dan manajemen pembelajaran, sehingga pembelajaran
menjadi efektif dan mengantarkan pembelajaran yang berhasil
dan berkualitas
Kata Kunci: bahasa Arab, dasar-dasar kebahasaan

Full Text:

PDF

References


قائمة المراجع

قريب الله با بكر مصطفى الدكتور , تعليم اللغة العربية في اندونيسا , ما له وما عليه

مجموعة بحوث الندوة الدوليةحول تجربة تعليم اللغة العربية في اندونيسا مالانج

نصر الدين ادريس جوهر الدكنور, تعليم اللغة العربية من خلال تفعيل التعرض اللغوي

الصفي .مجموعة بحوث الندوة الدوليةحول تجربة تعليم اللغة العربية في اندونيسا ,

مالانج 2011

Ahmad Fuad Efendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang :

Misykat, Cet.3, 2005.

Masnur Muslih, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan

Kontekstual, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Richard Dunne & Ted Wragg, Pent.: Anwar Jasin , Pembelajaran Efektif,

Jakarta : PT.Grasindo, Cet.2, 1996.

Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab; Strategi Dan Metode

Pengembangan Kompetensi, Semarang: Walisongo Press, cet.1,

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi

Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, cet.1, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v10i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..