PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH

Zaenal Arifin

Abstract


Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Pembelajaran saintifik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut karena pembelajaran saintifik mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetauan melalui metode ilmiah. Artikel ini menjelaskan tentang kriteria pendekatan saintifik, langkah-langkahnya dan Implementasinya dalam pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah.

Kata kunci

Pendekatan saintifik, pembelajaran Bahasa Arab

 

يهدف منهج عام   2013 م إلى إعداد الشعب الإندونيسي ليكون لديه القدرة على العيش كأفراد ومواطنين يؤمنون، منتجين، مبدعين، وقادرين على المساهمة في حياة المجتمع والأمة والدولة والحضارة العالمية.

يعتبر التعلم العلمي أحد مناهج التعلم التي يمكن استخدامها لتحقيق هذا الهدف لأن التعلم العلمي يعتمد خطوات العلماء في بناء المعرفة من خلال الأساليب العلمية. تصف هذه المقالة معايير المنهج العلمي ، خطواته وتنفيذه في تعلم لغة العربية في المدارس.


Keywords


pendekatan saintifik

References


PMA No. 000912 tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta: Gava Media, 2014

Dirjen Pendis Kemenag, Buku Guru Bahasa Arab VII Pendekatan Saintifik, Jakarta; Kemenag, 2015.

Dirjen Pendis Kemenag, Buku Siswa Bahasa Arab VII Pendekatan Saintifik, Jakarta; Kemenag, 2015.

Kemdikbud, Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Jakarta: Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, 2013

Musfiqon, Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015

https://donipengalaman9.wordpress.com/2014/08/18/pendekatan-saintifik-dalam-kurikulum-2013. Diakses 26 Mei 2018

http://tenagapendidikpembaharu.com/home/mendalami-penerapan-pendekatan-ilmiah-dalam-pembelajaran. Diakses 26 Mei 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v10i1.3478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/scholarsteer.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..