Problematika Pembelajaran At-Taraakiib Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Studi Kasus Pada Pembelajaran Al-Kitabah I Mahasiswa PBA Stain Kudus)

Fuad Munajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran menulis bahasa Arab di Prodi PBA STAIN Kudus, 2) mengidentifikasi bentuk-bentuk Taraakiib yang menjadi kendala utama dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN Kudus, 3) mengidentifikasi hambatan mahasiswa  dalam pembelajaran kitabah di Prodi PBA STAIN  Kudus.  Metode  penelitian  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah metode  kualitatif dengan  human  instrument sebagai instrumen utama.  Dalam pelaksanaannya, peneliti juga menggunakan  instrumen bantu  seperti pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi, dan ceklis kesalahan tulis mahasiswa.Hasil  yang ditemukan  dalam  penelitian  ini  antara  lain  1) Realitas pembelajaran menulis Arab telah sesuai dengan tahapan  pembelajaran yakni pra menulis, penulisan, dan pasca penulisan, 2) Peta bentuk-bentuk  Taraakiib yang menjadi kendala utama  secara  berurutan  adalah tarkiib washfi 23,3 %, tarkiib idlafiy 20 %, tarkiib isnaadiy 16,7 %, dan tarkiib ‘adadiy 13,3 %, adapun sisanya sebesar  26,7 % adalah  kendala  dalam  diksi  yang memuat  beberapa  kategori morfologi. 3) Hambatan  yang dihadapi mahasiswa dalam belajar kitabah dapat berupa hambatan psikologis, hambatan pedagogis, dan hambatan linguistis.


Keywords


Problematika pembelajaran, matakuliah Kitabah, Taraakiib

Full Text:

PDF

References


Abdul Alim Ibrahim, Al-Muwajjah al-Fanniy li Mudarrisiy al-Lugah al-‘Arabiyyah, Al-Qaahira: Daar al-Ma’aarif, cet. Ke- 17, Tt.

Abdur Rahman Ibrahim Fauzan, Idlaa’at Li Mu’allimii al-Lugah al-‘Arabiyyah Li Gayr an-Naathiqiin Bihaa, Ar-Riyaadl: Fahrasat Maktabah al-Malik Fahdl al-Wathaniyyah, 2011

Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2009

Fakhrurrozi, Aziz, ErtaMahyudin, PembelajaranBahasa Arab, DirektoratJenderalPendidikan Islam Kementrian Agama, 2002

Mahir Sya’ban Abdul Baariy, Al-Maharat al-Kitabiyah min an-Nasy’ah ila at-Tadriis, ‘Ammaan: Daar al-Masiirah li an-Nasyr wa at-Tauzii’ wa ath-Thiba’ah, 2010

Munajat, Fuad, “Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus Bagi Non-Arab: Pelajaran dari Universitas Kanal Suez Mesir, Vernaculer, Edisi 7, September, 2014

Pujiono, Setyawan, “Konsep Dasar Menulis”, diunduh dari situs www.staffnew.uny.ac.id pada 16 September 2018

Rusydi Ahmad Thu’aimah, Ta’liim al-‘Arabiyyah Li Gayr an-Naathiqiin Bihaa: Manaahijuh wa Asaaliibuh, Rabaat: ISESCO, 1989

Shalaah ‘Abdul Majiid al-‘Arabiy, Ta’allum al-Lugaat al-Hayyah wa Ta’liimuhaa: Bayn an-Nadzariyyah wa at-Tathbiiq, Beirut: Maktabah Lubnaan, 1981

Umar Shiddiq Abdullah, Ta’liim Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Li an-Naathiqiin Bi Gayrihaa: Ath-Thuruq, Al-Asaaliib, Al-Wasaa’il, Al-Jiizah: Ad-Daar Al-‘Aalamiyyah Li an-Nasyr wa at-Tawzii’, Cet. Pertama, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v10i2.4281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..