Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Program IPPBA Dalam Kerangka Manajemen Berbasis Madrasah

Ahmad Mujaddid, siti qomariyah, Rosiatul Fitriyah, Zakiyah Arifa

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai : 1) manajemen perencanaan dalam program IPPBA di MAN 1 Kota Malang dan 2) manajemen pengorganisasian dalam program IPPBA di MAN 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisis datadengan menggunakan teori Jhon Creswell. Hasil penelitian yang diperoleh ialahkegiatan program IPPBA ini menggunakan perencanaan jangka pendek karena terdiri dari Program mingguan yaitu belajar bersama dengan tutor sebaya, dan program bulanan yaitu munaqosyah, menerbitkan buletin dan evaluasi,  serta program insidental yaitu adanya perlombaan gebyar bahasa arab untuk para siswa. Untuk dimensi spasial menggunakan perencanaan nasioal karena ada  event gebyar bahasa arab yang terlaksana ditingkat nasional. untuk tingkatan teknis perencanaan menggunakan perencanaan sektoral karenauntuk mencerdaskan para siswa di bidang bahasa arab. adapun jenis perencanaannya adalah top-down danbottom-up karena kegiatan yang ada dalam program ini dirancang secara bersama oleh ketua, para anggotanya dan tutor serta atas kesepakatan bersama. Bagan struktur organisasi di IPPBA ini menggunakan bagan struktur piramidaldilihat dari bagannya posisi tertinggi dalam kewenangan mengatur dan mengkontrol setiap tugas ada pada ketua.


Keywords


Manajemen; Perencanaan dan Pengorganisasian; Program Ikatan Pelajar Pecinta Bahasa Arab (IPPBA). Manajemen Berbasis Madrasah.



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.4334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..