Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang

Varda Himmatul Aliyah, Ahmad 'Ali Maghfur, Danial Hilmi

Abstract


Dewasa ini, banyak bermunculan lembaga pendidikan non-formal yang bergerak dalam bidang bahasa Asing yang pasti telah mempertimbangkan adanya keuntungan, peluang dan tantangan dalam perencanaannya. Kemunculan lembaga-lembaga ini dengan harapan mampu memberikan manfaat bagi orang yang ingin menjelajahi bahasa asing, meskipun tidak sedikit bahasa asing telah diajarkan di sekolah. Dari sekian banyak lembaga, tentunya memiliki perencanaan program bahasanya sendiri, termasuk Mayantara School Malang. Hal tersebut yang akan dibahas dalam penelitian ini khususnya hal yang berkaitan dengan program bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berbentuk studi kasus dengan metode pengumpulan data triangulasi melalui pengamatan dan wawancara kepada manajer Mayantara School Malang yang berinisial RP. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan bahan referensi bagi pemilik lembaga dan pendidik untuk merencanakan perencanaan program yang baik, karena dapat berdampak pada kualitas institusi dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mayantara School Malang adalah lembaga yang baik dalam perencanaan program bahasa asing dan mampu membaca peluang yang dibutuhkan untuk keperluan masa depan. Karena ia telah memenuhi tahapan-tahapan perencanaan dengan baik yang terdiri dari analisis SWOT, menentukan visi dan misi serta mencanangkan program yang mendukung tercapainya visi.  Dan salah satu program tersebut adalah program bahasa Arab.


Keywords


perencanaan, program bahasa Arab, Mayantara School

References


Alifiyah, I. Imron, A. Juharyanto 2019. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 2(1): 32-39.

Amtu, Onisimus. 2011. Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Bandung: ALFABETA.

Ardi, Nuri Shabrina Putri. 2019. Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 2(1): 17-25.

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ismail. 2005. Makalah Visi dan Misi Depag. Surabaya: Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan Surabaya.

Jannah, Raudhatul Jannah. 2013. Karakterisik dan Spektrum Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin. 122-131

Komariah, A. & Triatna, C. 2010. Visionary Leadership (Menuju Sekolah Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Komariah, Nur. 2018. Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan di SDI Wirausaha Indonesia. Perspektif. 16(1): 107-112.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penenelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono, M. A. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, Alvi Dyah. 2018. Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arabi: Journal of Arabic Studies. 3 (1), 52-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i1.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..