IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN FAHMUL MAQRU' PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NEGERI 4 KOTA SURABAYA

umi fadlilah

Abstract


Suatu kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil ketika indikator dan tujuan pembelajaran tercapai. Untuk mencapai hal tersebut diibutuhkan pendukung dalam proses pembelajaran seperti penggunaan metode dan media pembelajaran. Mencari metode yang sesuai dan inovatif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik menjadi pekerjaan tersendiri bagi seorang guru. Terlebih dalam pembelajaran bahasa Arab, yang dikenal sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. Pembelajaran bahasa Arab sendiri memiliki empat aspek keterampilan yang harus dikuasai, yaitu keterampilan mendengar atau istima’, berbicara atau kalam, membaca atau qiro’ah, dan menulis atau kitabah. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam keterampilan membaca atau maharoh qiro’ah khusunya dalam hal memahami isi teks bacaan atau fahmul maqru’. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Jigsaw mampu meningkatkan fahmul maqru’ peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 4 Kota Surabaya.

Kata kunci : Kooperatif learning, Jigsaw, Fahmul maqru’


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i2.6044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..