PENERAPAN METODE LANGSUNG (THARIQOH MUBASYAROH) PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MAHAROH KALAM KELAS IX MTsN GRESIK

Ririn Nurhidayati

Abstract


Abstrak : Metode Langsung atau dalam Bahasa Arab bisa disebut Thariqoh Mubasyaroh adalah suatu metode yang dilakukan seorang guru dalam menyajikan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Bahasa Pengantar langsung Bahasa Arab. Hakikat Bahasa sendiri adalah berbicara atau berucap, maka tujuan dari belajar bahasa adalah selain kita memahami kaidahnya kita juga mampu berbicara. Peserta didik diharap tidak hanya menguasai kaidah dalam pelajaran bahasa arab tetapi juga mampu berbicara bahasa arab yang telah dipelajari tersebut. Dengan metode langsung peserta didik sedikit demi sedikit akan diajari oleh guru sebuah pembiasaan dalam berbahasa arab. Pada prinsipnya, Metode Langsung (Thariqoh Mubasyaroh) sangat penting untuk peserta didik dalam belajar bahasa arab karena akan melatih kemahiran mereka dalam maharoh kalam atau berbicara Bahasa Arab. Meskipun dalam tahap awal mereka merasa kesusahan dalam menirukan dan mengikuti guru ketika menggunakan metode langsung ini, tetapi metode ini sangat menarik untuk peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Prasetya, Tri. 2002. Filsafat Pendidikan untuk IAIN, STAIAN, PTAIS. Cet.II; Bandung : Pusaka Setia

Soebahar, Abdul Hamim. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam Cet I; Jakarta: Kalam Mulia.

Sudjana, Nana dalam Syamsul Nizar (Editor) 2007. Sejarah Pendidikan Islam : Menelusuri Jejak Sejarah Era Rasulullah sampai Indonesia Cet. 1; Jakarta : Kencana Prenada Group.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet.1; Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 1998. Madkhal ila Thuruq Ta’lim Al – Lughoh al – ‘arobiyah li Mudarrisi al – Lughoh Al – ‘arobiyah. Cet.1; Ujung Pandang : penerbit AHKAM.

Lutvaidah, Ukti. 2014. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Universitas Indraprasta PGRI Tegal.

Sumardi, Muljianto. 1975. Pengajaran Bahasa Asing; Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Cet.II : Jakarta : Bulan Bintang.

Syamsudin Asyrofi dkk. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta. Pokja Akademika.

Effendi, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet III; Malang : Misykat.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v11i2.6057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..