Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia dalam Percakapan Berbahasa Arab Santri PTYQM Kudus

Niswatush Sholihah

Abstract


Penelitian ini membahas bentuk, faktor penyebab dan cara mengatasi interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam percakapan berbahasa Arab santri Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (PTYQM) Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Sosiolinguistik. Metode penyediaan data menggunakan metode simak dan cakap, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode padan translasional dimana penentunya adalah bahasa lain yaitu bahasa Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Interferensi gramatikal bahasa Indonesia dalam percakapan berbahasa Arab santri Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (PTYQM) Kudus terdiri dari interferensi morfologi dan interferensi sintaksis. Interferensi morfologi yang terjadi berupa proses afiksasi dan reduplikasi. Sedangkan interferensi sintaksis terjadi pada tingkat frasa, klausa, dan kalimat. Interferensi pada tingkat frasa terjadi pada tarkīb ismy (frasa nominal), tarkīb fi’ly (frasa verbal), tarkīb ‘adady (frasa bilangan), tarkīb żarfy (frasa depan), dan tarkīb nida’iy (frasa vokasi). Interferensi pada tingkat klausa terdiri dari penambahan unsur dan penggunaan unsur bahasa Indonesia. Interferensi pada tingkat kalimat terdiri dari perubahan struktur kalimat, penggunaan unsur bahasa Indonesia, penghilangan unsur, penambahan unsur, dan penggunaan partikel yang salah. Faktor penyebab terjadinya interferensi gramatikal terdiri dari faktor struktural dan faktor non struktural. Faktor struktural berupa perbedaan antara sistem gramatikal antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Sedangkan faktor non-struktural berupa: kedwibahasaan penutur dan mitra tutur, kebiasaan bahasa Indonesia terbawa pada bahasa Arab santri, tidak cukupnya kosakata bahasa Arab, gaya belajar dengan menerjemah, takut terkena sanksi, dan faktor peraturan wajib berbahasa yang berlaku di PTYQM Kudus. Interferensi dapat diatasi dengan cara: menanamkan kesadaran tentang interferensi yang terjadi, memberi perhatian dan penekanan dalam men-drill santri dalam menggunakan bentuk yang benar dari interferensi yang dilakukan, membiasakan santri menggunakan struktur dan kaidah bahasa Arab yang benar, menulis bentuk yang benar dari interferensi yang terjadi di papan yang ditempelkan di tempat-tempat yang sering didatangi santri, melatih santri untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab secara kontekstual, memberikan pengetahuan budaya Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia.

Keywords


Interferensi gramatikal, bahasa Indonesia, bahasa Arab, Santri PTYQM Kudus

Full Text:

PDF

References


ad-Daḥdāḥ, Abu Faris. 1428 H. Syarh alfiyyah Ibn Mālik. Riyadh: Maktabah al ‘Abīkān.

al-Afghānī, Sa’id. 2003. al-Mūjaz fī Qawā’id al-Lughah al-‘Arabiyah. Beirut: Dār al-Fikr.

Brown, H.Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, terj. Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses, Jakarta: Rineka Cipta.

Hartmann, R.R.K. dan F.C. Stork. 1972. Dictionary of Language and Linguistics. London: Applied Science Publisher Ltd.

Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik: Pengantar Awal. Jakarta: Gramedia.

Nāṣif, Hifnī Bik dkk. tt. Qawā’id al-Lughah al-‘Arabiyah. Semarang: Maktabah al-‘Alawiyah.

Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional: Metodologi Pembelajaran Bahasa, Analisis Kontrastif Antarbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Verhaar, J.W.M. 2010. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Weinreich, Uriel. 1970. Language in Contact, Findings and Problems. The Hague: Mouton.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2010. Sosiolinguistik, Kajian Teori dan Analisis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i1.6914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..