Sequence Kompetensi Dasar Mata Palajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013 Jenjang Pendidikan MI, MTs dan MA

Ela Isnani Munawwaroh

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada adanya pengembangan kurikulum madrasah tahun 2006 menjadi kurikulum 2013. Salah satu alasan adanya pengembangan suatu kurikulum adalah untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam kurikulum sebelumnya, sehingga dengan alasan tersebut dilakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Dan untuk menganalisis data digunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan metode deskriptif analitis. Teori yang digunakan adalah teori yang digagas oleh Jack C. Richard yang mengatakan bahwa dalam menentukan urutan (sequence) tujuan dan materi pelajaran didasarkan pada kriteria berikut: simple to complex, chronology, need, prerequisite learning, whole to part or part to whole, dan spiral sequencing. Selanjutnya digunakan juga teori yang digagas oleh Mahmud Kamil An-Naqoh tentang tingkatan-tingkatan kemampuan berbahasa berdasarkan empat kemahiran berbahasa Arab. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 terjabarkan dalam tiga ranah, yaitu ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Sedangkan sequence Kompetensi Dasar (KD) dalam mata pelajaran bahasa Arab mulai dari kelas I MI hingga kelas XII MI disajikan mulai dari kompetensi dengan bentuk yang sederhana menuju bentuk kegiatan yang lebih kompleks. Namun demikian, beberapa kelemahan yang ditemukan adalah terdapat penurunan kompetensi kemahiran menyimak pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan tidak dicantumkan fokus pembelajaran membaca dengan suara keras/nyaring pada awal-awal jenjang pendidikan (MI-MTs). Sedangkan untuk materi pelajaran dan materi tata bahasa digunakan spiral sequencing,  dimana terdapat beberapa pengulangan tema pada kelas selanjutnya. Beberapa pengulangan tersebut merupakan penguatan dan pendalaman materi sebelumnya. Namun, terdapat pula penyajian materi yang sama dengan materi pada kelas sebelumnya.

Keywords


Sequence, Kompetensi Dasar

References


An-Naqoh, M. K. (1985). Ta’limullughah al-’arabiyah. Mekah: Jami’ah Ummul Qura.

Azizah, F. L. (2013). Kajian terhadap SCope, Balance dan Desain Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Menengah Perspektif I.S.P Nation dan John Macalister. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Intidaiyah Kelas I. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Buku Guru Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Intidaiyah Kelas IV. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Intidaiyah Kelas I. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Buku Siswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Intidaiyah Kelas IV. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Durusul Lughah Al-'Arabiyah: Buku Guru Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2014. Durusul Lughah Al-'Arabiyah: Buku SIswa Bahasa Arab Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 117 tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah.

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 207 tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah.

Lampiran Peraturan Agama Republik Indonesia Nomor 000912 tahun 2013 tentang kurikulum madrasah 2013 mata pealajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Lampirat Surat Keputusan DIrektur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan bahasa Arab di Madrasah.

Maula, I. (2012). Model Kurikulum Bahasa Arab Tingkat Menengah (Studi Analisis terhadap Sequence dalam Kurikulum sesuai PERMENAG Nomor 2 Tahun 2008). UIN SUnan Kalijaga Yogyakarta.

Nasution, S. (2006). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Pohan, R. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institute.

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals I Madrasah Ibtidaiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals II Madrasah Ibtidaiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals IV Madrasah Ibtidaiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals V Madrasah Ibtidaiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals VII Madrasah Tsanawiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals VIII Madrasah Tsanawiyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals X Madrasah Aliyah.

Silabus Pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Arab keals XI Madrasah Aliyah.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 2676 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Sutopo, H. dan W. S. (1986). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai substansi problem administrasi pendidikan. Bina Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i1.7456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..