Program Arabic Club dalam Meningkatkan Komunikasi-Produktif Bahasa Arab Santri MTs Qudsiyah Putri

Ihsan Ihsan

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam penguasaan komunikasi-poduktif bahasa Arab melalui program Arabic Club. Disamping itu juga untuk mengetahui penerapan program Arabic Club serta faktor perdukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai human instrument berfungsi untuk menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, meneliti kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) adanya peningkatan kemampuan komunikasi-produktif bahasa siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan ini muncul sebab siswa merasa percaya diri dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab di kelas formal setelah mengikuti program Arabic Club, 2) program ini dilaksanakan dengan prinsip belajar yang mudah dan menyenangkan tetapi tetap mengutamankan tujuan pembelajaran atau bisa disebut pembelajaran yang efektif, 3) faktor pendukung bersifat internal dari siswa dan ekternal, sedang penghambat yang ditemukan bersifat eksternal siswa.

Keywords


Arabic Club, Komunikasi-Produktif

Full Text:

PDF

References


Asrori, Imam. 2014. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori Dan Praktek. Malang: Misykat.

Fuad Effendy, Ahmad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Harmer, Jeremy. 1991. The Practice of Language Teaching. London: Longman.

Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Andi Ofset.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rosyidi, Abd Wahab & Mamluatul Ni’mah. 2012. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN- Maliki Press.

Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Indonesia.

Sari, Santika Damayanti . DKK. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write Dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 8 Batang.” JPBSI 5 (1).

Spratt, Mary, et al. 2005. The Teaching Knowledge Test Course. New York: Cambridge University Press.

Sribagus, Sahuddin, L. Nurtaat. 2013. “Beda Dan Sama Dalam Keterampilan Produktif: Satu Kemungkinan Perpaduan Silabus.” Jurnal Kependidikan IKIP Mataram 12 (2).

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Tarigan, H.T. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Uno, Hamzah B. & Nurdin Muhammad. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Muhbib Abdul. 2008. Epistimologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i1.7460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..