Fa'āliyyah Istirātijiyyah at-Ta'līm at-Ta'āwunī bi-Istikhdām Uslūb Irsāl ar-Risālah wa Ilqā` al-`As`ilah fī Ta'īm al-Lughah al-'Arabiyyah li Tarqiyyati Mahārah al-Qirā`ah

Azwar Annas

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca, 2) untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pembelajaran Cooperative Learning dengan Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca, 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif melalui jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti ialah melalui teknik wawancara dan observasi langsung dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan empat teknik analisis data yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan strategi pembelajaran ini dengan membagi 3 tingkatan, yaitu tingkat persiapan; tingkat proses; tingkat penutup. Pembelajar ini memberikan kesempatan siswa untuk melatih keterampilan, 2) Penerapan strategi ini dikatan efektif. Sebelum penggunaan strategi ini 12 dari 32 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Sedangkng setelah penerapan strategi sebanyak 3 siswa belum melampui nilai KKM.  Keefektifan ini dibuktikan dengan jumlah siswa 32 sedangkang 29 siswa sudah melampui nilai KKM yaitu 65  disebut dengan “tuntas”. Dan sebanyak 3 siswa mendapat nilai kurang dari KKM 65 dikatan “belum tuntas”. 3) kelebihan dan kekurangan dari penerapan starategi ini. Kelebihan: melatih siswa untuk saling membantu yang lain dalam belajar dengan memberikan kesempatan yang lebih untuk saling berdiskusi tentang permasalahan, dan penerapan strategi ini memberikan kesempatan kepada siswa dalam menggunakan keterampilan bertanya dan membahas. Strategi ini sebagai alat untuk meningkatkan motivasi siswa untuk membaca soal yang wajib dia kerjakan. Kelemahan: keberhasilan strategi ini tergantung pada kemampuan kepemimpinan kelompok atau hasil kerja indifidu, dan kegiatan saling membantu ini menghabiskan waktu dalam pembelajaran karena harus mengatur tempat pembelajaran.

Keywords


Cooperative Learning, Berkirim Salam dan Soal, Keterampilan Membaca

References


Arsyad, Azhar. 2003. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Asrori, Imam. 2014. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori Dan Praktek. Malang: Misykat.

Cahyaningtiyas, Meidita. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik BerkirimSalam Dan Soal Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Negri 5Surakaarta.” IAIN Surakarta.

Diknas. 2003. Undang-Undang No.20 Th 2003 BAB II: Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Lie, Anita. 2007. Cooperatif Learning. Bandung: PT Gramedia Widyasarana.

Masitoh, Laksmi Dewi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama.

Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning:101 Cara Belajar Siswa Actif. Bandung: Nusa Media.

الخولي, محمد علي. 1881. تعليم اللغة حالاة وتعليقات. السعود: الفرزدق التجارية.

الدليمي, طه على حسين. 2005. اللغة العربية مناهجها وطرائق تدريسها. قاهرة: دار الشروق.

الدين, أوريل بحر. 2011. مهارات التدريس: نحو إعداد مدرس اللغة العربية. مالانق: جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية بمالانق.

السيد, محمود أحمد. 1997. في طرائق تدريس اللغة العربية. دمشق: جامعة دمشق.

الناقة, محمد الكامل. 1985. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. مكّة المكرمة: جامع ام القرى.

جابر, عبد الحميد. 2000. مدرس القرن الحادى والعشرين، المهارات والتنمية والمهنية. قاهرة: دار الفكر العربي.

طعيمة, على أحمد مدكور. رشدى أحمد. 2010. المرجع في مناهج تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. قاهرة: دار الفكر العربي.

غباري, ثائر أحمد. 2011. البحث النوعي في التربية وعلم النفس. عمان: مكتبة المجتمع العربي.

مدكور, على أحمد. 2010. المرجع في مناهج تعليم اللغة العربية للناطقين بلغة أخرى. القاهرة: دار الفكر العربي.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v12i1.7474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..