PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN HUMANISASI DI GORONTALO AWAL ABAD KE-20

Mursalat Kulap

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mengeksplanasikan perkembangan pendidikan Islam dan perannya dalam proses humanisasi di Gorontalo awal abad ke-20. Eksplanasi yang dihadirkan adalah ekpslanasi sejarah, sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan Islam di daerah Gorontalo pada awal abad XX sangat pesat dan dilatarbelakangi oleh 3 hal yakni pertama akses pendidikan, transportasi dan informasi yang semakin terbuka, kedua pandangan internal dari Islam itu sendiri tentang pentingnya ilmu, dan ketiga  sebagai respon terhadap masifnya penyebaran agama Kristen oleh pemerintah kolonial Belanda. Keberadaan sekolah-sekolah Islam telah memberikan kontribusi yang besar dalam kemanusiaan. Semakin banyaknya sekolah-sekolah yang didirikan oleh organisasi-organisasi Islam di Gorontalo, telah memberikan kesempatan kepada kelompok pribumi untuk memperoleh pendidikan. Implikasi dari semua itu adalah terbentuknya kesadaran masyarakat Gorontalo tentang arti penting persamaan derajat manusia, sehingga pada perkembangan selanjutnya lahirlah elite-elite lokal Gorontalo yang memperjuangkan kemerdekaan melalui organisasi-organisasi Islam sebagai bentuk proses humanisasi.       

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Humanisasi, Gorontalo


Keywords


Pendidikan Islam, Humanisasi, Gorontalo

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.