THE QUALITY OF ASSESSMENT INSTRUMENT ON THE IMPLEMENTATION OF INTEGRATED CURRICULUM AT UIN SUSKA RIAU

Mas`ud Zein

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas asesmen dalam pelaksanaan integrasi kurikulum UIN Suska Riau dan perbedaan kualitas asesmen dalam pelaksanaan integrasi kurikulum dalam hal latar belakang pendidikan dosen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, oleh karena itu penelitian ini berusaha menggali data dari berbagai informan dan sumber daya sesuai dengan isu yang ditinjau. Selanjutnya informan dalam penelitian ini terdiri dari dosen UIN Suska Riau. Pengambilan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, yaitu untuk mengetahui hasil penelitian dengan menggunakan deskripsi uji dan untuk mengetahui perbedaan kualitas instrumen penilaian dalam pelaksanaan integrasi kurikulum dalam hal latar belakang pendidikan dosen dilihat dari mean (rata) dari masing-masing kelompok. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis para peneliti menemukan bahwa instrumen penilaian kualitas tergolong "BAIK" dengan persentase 70,57%, dan ada perbedaan antara kualitas instrumen penilaian dosen pendidikan dan non pendidikan dalam pelaksanaan integrasi kurikulum UIN. Syarif Kasim Sultan Riau.


Keywords


Instrumen penilaian, Implementasi, Kurikulum Terpadu

References


Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPS UNJ.

Hajar, Ibn. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 1993. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mawardi Lubis and Zubaedi. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN. Bengkulu: Pustaka Pelajar.

Rusmilati R., Aida. 2007. Model Kurikulum Integrasi Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 3 Madiun. Malang: Universitas Malang. Disertasi.

Saefudin Sa'ud, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sokib, Abdul. 2009. Implementasi Konsep Pengembangan Kurikulum Integrasi (Integrated Curiculum) di SMP Al-Hikmah Surabaya. Surabaya: IAIN Sunan Ampel. Skripsi.

Stephen Isaac dan William B. Michael. 1982. Handbook In Research and Evaluation. California: EdITS.

Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan, Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Nasharuddin. 2011. Integrasi dan Islamisasi Ilmu-Ilmu Sosial di Lembaga Pendidikan Islam. Pekanbaru: Potensia Jurnal Kependidikan Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.3125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.