PENDIDIKAN NILAI KEJUJURAN BERBASIS KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Ichsan Ichsan

Abstract


This study specifically aims to find out the implementation of honesty values education in students through madrasah class and to find the actualization changes  of students' honesty values after the implementation of honesty values education through madrasah class and culture at MIN 1Bantul. The research method used is Action Research. The research subjects were obtained by purposive sampling and snowball sampling. Data collection was done through observation, in-depth interviews, field notes, and documents, as well as questionnaired.The data were analyzed by using  descriptive statistics which were presented in tables, percentages,and diagram. The results of changes that occur in students' attitudes and behaviors after learning development actions by integrating honesty values in learning Science, Mathematics, Social Sciences and Indonesian and developing madrasah culture, the actualization of honesty values increases.


Keywords


Education, value , honesty, class

Full Text:

PDF

References


Alwilsol. 2007. Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Kaerakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.

Aunillah, Nurla Isna. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah,Yogyakarta: Laksana.

Bashori, Khoiruddin. 2003. Problem Psikologis Kaum Santri Risiko Insekuritas Kelekatan, Yogyakarta, Forum Kajian Budaya dan Agama (FKBA).

Budiningsih, C. Asri. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya, Jakarta: Rineka Cipta.

Crain, William. 2009. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Memahami Budaya Sekolah, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti.2010. Kerangka Pendidikan Karakter Tahun 2010, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Djumhana, Nana.2009. Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Fadillah, 2011. “Model Pembinaan Nilai Kejujuran melalui Pendidikan Matematika sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Moral Peserta Didik”, dalam Jurnal Cakrawala, Vol, 9. No. 1: 1-13

Friyatmi. 2011. “Faktor-faktor Penentu Perilaku Mencontek di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP”, dalam Jurnal Tingkap. Vol. VII. No. 2: 173-188.

Ghufron, Anik. 2010. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa pada Kegiatan Pembelajaran”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY: 13-24.

Ginajar, Ari. 2009. Bangkit dengan 7 Budi Utama, Jakarta: PT Arga Publishing.

Huasini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2011. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock. 2014. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,terj. Istiwidayanti, dkk, Jakarta: Erlangga.

John Creswell. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi riset Kulalitatif dan Kuantitatif. (terj) Helly Prayinto Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kirana, Aulia dan Sri Lestari 2017. “Bila Guru Melihat: Perilaku Jujur dan Tidak Jujur Siswa SMA Berbasis Agama pada Situasi Ujian”, dalam Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembnagan Indonesia: 163-169.

Koesoema A, Doni 2007. Pendidikan Karakter, Jakarta: Grasindo.

Koesoema A, Doni.2010. “Mengembangkan Kultur Akademik bagi Pembentukan Karakter Bangsa”, Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa, Malang: Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan UNM: 17-23.

Lickona, Thomas. 2012. Caracter Matters: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting lainya, (terj). Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zein, Jakarta: Bumi Aksara.

______________. 2012. Educating for Character:Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, dkk. 2010. Perilaku Mencontek Ditinjau dari Perilaku konformitas dan Jenis Kelamin. Dalam Tim Editor, Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa, Malang: Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang: 380-387.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengaktualisasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta.

Muslich, Masnur.2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Nizaar, Muhammad. 2017. “Perilaku Mencontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran”, dalam Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 01: hlm. 27-33.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter, Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas.

Sarwono, Sarlito W. 2008. Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh-tokoh Psikologi, Jakarta: Bulan Bitang.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Tilman, Diane, Pendidikan Nilai untuk Anak Usia 8-14 Tahun, (terj) Adi Respati, dkk, Jakarta: Grasindo, 2004.

Triatmanto. 2010. “Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY: 187-203.

Zamroni. 2000, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bigraf Publishing.

Zuchdi, Darmiyati, dkk. 2011. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi, Yogyakarta: UNY Press.

Zuchdi, Darmiyati, Zuhdan Kun Prasetya, dan Muhsinatun Siasah Masruri. 2010. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan:1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i1.3664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.