Imajinasi Kreatif Berbasis Neurosains Pada Pembelajaran Pendidikan Islam

Desfa Yusmaliana, Suyadi -

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan imajinasi kreatif berbasis neurosain dalam proses pembelajaran khususnya pendidikan Islam. Penelitian ini berbentuk penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analisis terhadap tema-tema neurosains, imajinasi kreatif, dan pembelajaran pendidikan Islam. Dalam periode anak, seluruh aspek perkembangan sangat peka sehingga diperlukan rangsangan yang optimal melalui pengembangan imajinasi demi memunculkan sebuah kreativitas. Pengembangan imajinasi yang pernah dianggap sebagai bentuk lain dari ketidakrasionalan pemikiran seseorang ternyata mampu melejitkan kreativitas berpikir. Kenyataanya berimajinasi merupakan bagian dari proses pemberdayaan fungsi otak secara maksimal, sehingga pelakasanaan aktivitas dasar seni seperti bermain, bernyanyi, menari, menggambar, bermain peran, dan sebagainya sangat penting untuk diintegrasikan dalam pendidikan Islam semenjak dini. 


Keywords


otak, imajinasi, kreativitas, pendidikan Islam

References


Buku

Buzan, Tony. 2003. Use Both Sides of Your Brain: Teknik Pemetaan Kecerdasan dan Kreativitas Pikiran, Temuan Terkini tentang Otak Manusia. Yogyakarta: Ikon Teralitera.

Chandra, Julius. 1994. Kreativitas: Bagaimana Menanam, Membangun, dan Mengembangkannya. Yogyakarta: Kanisius

Foer, Joshua. 2013. Moonwalking with Einstein: Rahasia Memiliki Ingatan Super. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Muliawan, J U. 2016. Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas Anak. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Munandar, Utami. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Munandar, Utami. 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, Utami. 2001. Pengalaman Hidup 10 Tokoh Kreativitas Indonesia: Mengembangkan Kreativitas. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Nursisto, 1999. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya

Pasiak, T. 2005. Revolusi IQ/EQ/SQ: Antara Neurosains dan Al-Quran (V). Bandung: Mizan.

Sangkanparan, H. 2010. Dahsyatnya Otak Tengah: Jadikan Anak Anda Cerdas Saat Ini Juga. Jakarta: VisiMedia.

Sousa, David A. 2012. Bagaimana Otak Belajar. Jakarta: PT. Indeks.

Suadu, Fikri. 2018. Manusia Unggul Neurosains dan Al-quran. Jakarta: PT. Penjuru Ilmu Sejati

Tathagati, Arini. 2017. Orang Kreatif Memimpin Dunia. Jakarta: Progressio

Windura, Sutanto. 2008. Brain Management Series for Learning Strategy: Be an Absolute Genius! Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Jurnal

Anwar, Bakri. 2016. Pendidikan Islam Melalui Kemahiran Berfikir Membentuk Moral dan Akhlakul Karimah pelajar Islam. Al-Daulah. Vol. 5, No. 2, 341–351

Astuti, Fuji. 2011. Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 14 No. 2, 52-63.

Barret, F.D. 2001. Creativity Techniques: Yesterday, Today, and Tomorrow. S.A.M. Advanced Management Journal.

Chamidiyah. 2015. Pembelajaran Melalui Brain Based Learning Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 10, No. 2, 279-300

Chakim, L. (2018). Efektifitas Pembelajaran Menghafal Doa dengan Menggunakan Musik di MIN Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 77-90.

Dikiy, I. S., Dikaya, L. A., Karpova, V. V, Lavreshina, A. Y., & Kagramanyan, M. R. 2018. Psychological characteristics of art specialists with a highly productive creative imagination. Psychology in Russia: State of the Art, 11(2). https://doi.org/10.11621/pir.2018.02010

Fettes, Mark and Gillian Judson. 2011. Imagination and the Cognitive Tools of Place-Making. The Journal of Environmental Education. 42(2), 123–135

Fleer, M. 2012. Imagination, emotions and scientific thinking: What matters in the being and becoming of a teacher of elementary science? Cultural Studies of Science Education, 7(1), 31–39. https://doi.org/10.1007/s11422-011-9365-z

Hanafi, Imam. 2016. Neurosains-Spiritualitas dan Pengembangan Potensi Kreatif. An-Nuha. Vol. 3 No.1

Hatt, B. E. 2018. The new ICE-Age: Frozen and Thawing perceptions of imagination. Canadian Journal of Education, 41(1), 124–147.

Holis, Ade. 2016. Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 09. No. 01, 23-37.

Lindqvist, G. 2003. Vygotsky’s Theory of Creativity. Creativity Research Journal, 15(2–3), 245–251. https://doi.org/10.1080/10400419.2003.9651416

Muali, Chusnul. 2016. Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Pedagogik; Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 2

Purwati, Eni. 2016. Optimalisasi Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Berbasis Cara Kerja Otak. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman. Volume 11, Nomor 1.

Vygotsky, L. S. (2004). Imagination and creativity in childhood. Journal of Russian and East European Psychology, 42, 7–97.

Muhaningsih, R, Fadillah, & Purwanti. 2017. Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Bermain Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.6. No. 5

Munawaroh, Isniatun dan Haryanto. 2005. Neurosains dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. Nomor 1 Volume 1.

Ogunnaike, Yomi. A. 2015. Early Childhood Education and Human Factor: Connecting Theories and Perspectives. Review of Human Factor Studies 21(1): 9-26

Sousa, David A. 2016. Commentary Mind, Brain, and Education: The Impact of Educational Neuroscience on the Science of Teaching. Learning Landscapes. Vol. 5, No. 1

Sudiarta, P., & Putu, G. 2005. Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen dan Kritis Melalui Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 3 Th. XXXVIII

Setyawan, Imam. 2006. Pembelajaran Pendidikan Tinggi dan Pengembangan Kreativitas. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol.3 No. 2.

Suyadi. 2018. The Synergy of Arts, Neuroscience, and Islam in Earlychildhood Learning in Yogyakarta. Tarbiya: Journal of Education in Muslim Society, Vol. 5. No. 1.

Trimantara, Petrus. 2005. Metode Sugesti-Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu. Jurnal Pendidikan Penabur. No.05/ Th. IV.

Warti, R. 2014. Kecerdasan Intuitif Dan Kecerdasan Reflektif. Edu-Math, 4(0), 27–38. Retrieved from http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edumath/article/view/251/231

E-Book

Contributors, Wikibooks. 2006. Cognitive Psychology and Cognitive Neuroscience (Rochester, N.Y.), 39(3), 200–210.

Egan, Kieran and Gillian Judson. 2016. Imagination and the Engaged Learner: Cognitive Tools for The Classroom. Canada: Howker Brownlow Education.

Pasiak, Taufiq. 2007. Brain Management for Self Improvement. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Yahya, Harun. 2000. Bagaimana Seorang Muslim Berpikir? London: Ta-Ha Publishers Ltd.

Internet

Goodreads. Quotable Quote. https://www.goodreads.com/quotes/556030-imagination-is-more-important-than-knowledge-for-knowledge-is-limited, diakses tanggal 12 Oktober 2018

Judson, Gillian. 2016. Two Key Points for Understanding Imagination in Education. https://www.gettingsmart.com/2016/09/imagination-misunderstood/?utm_campaign=coschedule&utm_source=twitter&utm_medium=Getting_Smart&utm_content=Two%20Key%20Points%20for%20Understanding%20Imagination%20in%20Education diakses tanggal 27 November 2018.

Taufiq, Agus. 2014. Pendidikan Anak di SD. PDGK4403/MODUL 1. http://repository.ut.ac.id/4122/1/PDGK4403-M1.pdf diakses tanggal 27 November 2018.

Wijaya, Hengki. 2018. Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini. https://www.researchgate.net/publication/323114055_Pendidikan_Neurosains_Dan_Implikasinya_Dalam_Pendidikan_Masa_Kini diakses tanggal 21 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.