PENGGUNAAN GRAF POHON DALAM MENGAJARKAN KONSEP MAHRAM

Naufal Ishartono

Abstract


Munculnya berbagai kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat yang disebabkan oleh orang terdekat, terutama dari lingkungan keluarga, memunculkan masalah pentingnya memahami masyarakat terhadap konsep mahram, sebuah konsep dalam ajaran Islam yang mengatur batasan seseorang untuk menikah atau menikahi seseorang berdasarkan nasab, saudara kandung, dan mushoharoh. Dengan memahami konsep itu, seorang Muslim akan tahu bagaimana harus bersikap dengan mahramnya dan bukan mahramnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan grafik pohon dalam topik teori grafis untuk mempelajari konsep mahram yang terkandung dalam surah An Nisa ayat 23. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif analitik dengan menggunakan instrumen tes, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konsep grafik pohon dapat membantu seorang Muslim untuk belajar dan memahami konsep mahram dengan mudah. 

Keywords


graph pohon, teori graph, mahram

References


Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Belajar Dengan Mind Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Beasley, T. (2015). How To Measure Attitudes with Semantic Differential. Retrieved December 3, 2018, from https://www.surveygizmo.com/resources/blog/how-to-measure-attitudes-with-semantic-differential-questions/

Burns, Al., & Burns, R. (2008). Basic Marketing Research (Second). New Jersey: Pearson Education.

Cyr, M., Wright, J., Mcduff, P., & Perron, A. (2002). Intrafamilial sexual abuse : brother – sister incest does not differ from father – daughter and stepfather – stepdaughter incest ଝ. Child Abuse & Neglect, 26(9), 957–973. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0145-2134(02)00365-4

Davies, M. (2011). Concept mapping , mind mapping and argument mapping : what are the differences and do they matter ? In High Educ (pp. 279–301). Springer. https://doi.org/10.1007/s10734-010-9387-6

Henderson, J. (1983). Is Incest Harmful ?*. The Canadian Journal of Psychiatry, 28(1), 34–40. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/070674378302800108

Trudeau, R. J. (1993). Introduction to Graph Theory. New York: Dover Pub.

Ulya, A. (2013). Konsep “Mahram”; Jaminan Keamanan atau Pengekangan Perempuan? Al Fikr, 17(1), 245–255.

Whatley, M. A. (2005). The Effect of Participant Sex , Victim Dress , and Traditional Attitudes on Causal Judgments for Marital Rape Victims. Journal of Family Violence, 20(3), 191–200. https://doi.org/10.1007/s10896-005-3655-8

Wilson, R. J. (1996). Introduction to Graph Theory (Fourth). Essex: Longman Group Ltd.

Windura, S. (2008). Be An Absolute Genius. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Workman, J. E., & Freeburg, E. W. (1999). A n Exam in atio n of Date Rape , Victim Dress , and Perceiver Variables Within the Context of Attribution Theory. Sex Roles, 41(3–4), 261–277. https://doi.org/10.1023/A:1018858313267




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v14i2.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/16.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/20.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/22.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/9.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/13.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/8.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/12.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/indexing/3.jpg

 

 

Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam by Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.