MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI SISTEM PENDIDIKAN TERPADU INSANTAMA BOGOR

Agus Retnanto

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang bagaimana model  pengembangan  karakter siswa pada Pendidikan Terpadu Insantama Bogor. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif  yaitu mengkaji perilaku  manusia dalam setting alamiah dengan fokus interpretasi budaya terhadap perilaku siswa. Nilai kegunaan atau urgensi dari penelitian ini diharapkan mempunyai implikasi  untuk membantu menyumbangkan pemikiran yang berkaitan dengan pendidikan, dalam rangka pencapaian tujuan Pendidikan Nasional dalam Sistem Pendidikan Nasional sehingga dapat menambah khasanah ilmu pendidikan khususnya dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya.   Membantu  memberikan sebuah  konsep  sistem pendidikan yang dapat digunakan untuk menciptakan manusia cerdas sekaligus berakhlaq mulia yang mampu mengatasi berbagai macam problem yang sedang melanda manusia Indonesia yang sedang membangun.

Kata Kunci: model, karakter, pendidikan ,terpadu.

Abstract

 

CHARACTER DEVELOPMENT MODEL THROUGH INTE- GRATED EDUCATION SYSTEM OF INSANTAMA BOGOR. This study aims to learn in depth about how the character development model works in students of the Integrated Education Insantama Bogor. This study uses qualitative  approach which examines human  behavior


 

in a natural  setting with a focus on cultural interpretation to such behavior. The urgency of this research is expected to have implications for helping contribute ideas related to education, in order to achieve the National  Education Goals in the national  education system so as to increase the repertoire of science education,  especially in order to form a good Indonesian. This study tries to provide an education system concept that can be used to create a smart man and have a good character which is able to a wide range of human problems that hit Indonesian.

Keywords:  character, model, education system


Full Text:

PDF

References


Adimasana, Y.B. 2000. Revitalisasi pendidikan nilai di dalam sektor pendidikan formal dalam Transformasi pendidikan memasuki milenium ketiga. Ed A. Atmadi & Y.Setyaningsih. Yogyakarta: Penerbitan Universitas Sanata Dharma.

Agustian, Ary Ginanjar. 2008. Pembentukan habit menerapkan nilai-nilai religius, sosial dan akademik. Proceeding. Seminar dan Lokakarya Nasional Rekonstruksi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY. 29 Juli 2008.

Albaghdadi, Abdurrahman. 1996. Sistem Pendidikan di Masa Khilafah Islam. Bangil: Al Izzah.

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian.Malang: UMM Press.

Armstrong, Thomas. 2006. The best school. How human development research should inform educational practice. Virginia: Association

for Supervision and Curriculum Development.

Basri, Husen Hasan. 2007. “Model Pengembangan Ekonomi Pondok pesantren Tiga Dimensi Pangkep, Sulawesi Selatan. Edukasi (Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan

Diklat Departemen Agama RI. Vol. 5, Nomor 4, oktober- Desember 2007, pp. 63-85.

Bertens, K. 1993. Etika. Jakarta: Gramedia.

Eko Prasetyo. 2004. Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Insits Press.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT Raja Grafindo Persada.

Jess Feist & Gregory J. Feist. 2008. Theories of Personality. New York: The McGraw Hill Companies, Inc., 1221 Aveneu of The Americas.

Karabel, Jerome and A.H. Halsey. 1977. Power and Ideology in Education (Edited and With an Introduction). New York: Oxford University Press.

Kuntoro, Sodiq A. 2008. “Sketsa Pendidikan Humanis Religius”.

Paper disampaikan sebagai bahan diskusi dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

McCauley, d. Cynthia, et.al. 1998. The center for creative leadership -- handbook leadership development. San Francisco: Jeossey-Bass Publishers – Greensboro.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 1992. Analisis data kualitatif .Penerjemah-Tjetep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Muin M, Abd. 2007.”Pondok Pesantren dan Pelayanan Masyarakat”.

Edukasi ( Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI. Vol. 5, Nomor 4, oktober-Desember 2007, pp. 41-62.

Mujib, Abdul. 2005. Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Noeng Muhadjir.2003. Ilmu pendidikan dan perubahan sosial. Yogyakarta: Rake Sarasin.

. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi V. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.

Sastrapratedja, M. 2009. Epistemologi Kultural. Hand Out Kuliah Epistemologi Kultural Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Siregar, Imran. 2007. ”Supervisi Dalam Pembelajaran di Madrasah”. Edukasi (Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI. Vol. 5, Nomor 4, Oktober- Desember 2007, pp. 130-144.

Spraedley, James P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Wiston..

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Media Wiyata




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.