HOMESCHOOLING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN UNDANG-UNDANG SISDIKNAS

Asrori Asrori

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang homeschooling dalam sudut pandang pendidikan islam dan undang-undang sisdiknas.  Berdasarkan hasil analisis kepustakaan,  diperoleh hasil bahwa homeschooling adalah sebuah kegiatan belajar yang dilakukan di rumah dan tidak di lembaga sekolah dengan sistem yang terprogram. Di Indonesia mempunyai pijakan yang sangat kuat yaitu berdasarkan undang- undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 27 termasuk pendidikan informal, dasar lain yang bisa di jadikan pijakan adalah dasar filosofi yaitu pembukaan UUD 1945 dimana pemerintah diwajibkan melindungi seluruh rakyatnya.  Sedangkan  homeschooling berda- sarkan perspektif Pendidikan Islam mempunyai dasar dalam al- Qur’an dan as-Sunnah dan telah di lakukan oleh para penyebar agama Islam yang telah mendidik masyarakat Islam dengan nilai- nilai al-Qur’an di surau, masjid dan pondok pesantren.

kata kunci: Homeschooling, Perspektif, Pendidikan, islam

HOMESCHOOLING  IN THE PERSPEKTIVE  OF ISLAMIC EDUCATION AND SISDIKNAS RULES. This  study  aims  to examine about home schooling in islamic education and sisdiknas rules point of view. Based on the analysis of literature, the result showed that homeschooling  is a learning activity that is done at home and not in school institutions  with programmed  systems. Indonesia has a very


 

strong foundation  to hold it.   That is based  on Law No. 20, 2003

Article 27, including informal education. Another  foundation  is the basic philosophy of the opening of UUD 1945 in which the government is obliged  to protect all citizens. While  based on the perspective of Islamic Education, homeschooling has basis in the Qur’an and Sunnah and has been done by Muslim missionaries who have educated Islamic society with the values of the Koran in the mosque and boarding.

 Keywords: Homeschooling , Perspective, Islamic, Education



Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1994. Educational Theory Al- Qur’an Quranic Outlook. Diterjemahkan oleh H.M. Arifin dan Zainuddin. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Al-Baynnuni, Ahmad Izzudin. 1987. Pendidikan Anak Menurut Islam.

Jakarta: Pustaka Amani.

Al-Munawar, Said Agil Husin.2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an

Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Ciputat Press. Arifin, M. 1991. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan

Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi

Aksara.

Ashraf, Ali. 1996. Horison Baru Pendidikan Islam. Diterjemahkan oleh Sori Siregar. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Bakri, Qosim, dkk. 1992. At-Tarbiyatu Wa Ta’lim. Ponorogo: Darussalam Press.

Cambridges Dictionary Online. 2015. Tersedia di http://dictionary. cambridge.org/dictionary/english/homeschooling. Diakses pada tanggal 27 Maret 2015.

Drajat, Zakiah. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Marimba D, Ahmad. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam.

Bandung: al-Ma’arif.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar

Nasional Pendidikan.

Randa, Valencia Mieke. 2015. Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling. Tersedia di http://www.parenting.co.id/ dunia-mama/kelebihan+dan+kekurangan+homeschooling+u ntuk+abk. Diakses pada Tanggal 22 Maret 2015.

Sumardiono. 2007. Homeschooling , Lompatan Cara Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sutrisno. 2006. Fazlur Rahman Kajian terhadap Metode, Epistemologi dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasional.

Zuhairini dkk. 1997.Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Bumi

Aksara Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.