IMPLEMENTASI KHARJ MASA DINASTY UMAYYAH

Sofa Hasan

Abstract


Studi ini ingin  mengetahui  implementasi  pengelolaan  sumber pendapatan negara pada masa dinasti Umayyah (Umar ibn Abd Azis). Sejak berdirinya dinasti Bani Umayyah, pengelolaan harta kaum Muslimin tidak lepas dari pengaruh politik  yang terjadi pada saat itu yang menyebabkan terjadinya banyak pelanggaran terjadi dalam pengelolaannya. Kajian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif  dengan analisa interpretative dan historis. Hasil analisa menemukan  keberhasilan pengelolaan kharj yang pada masa ini meliputi penarikan kharj serta penyaluran kharj.  Adapun dampak pengelolaan   tersebut   dapat dilihat dalam  berbagai bidang , diantaranya   bidang  pertanian,  bidang perniagaan dan sosial politik.

Kata kunci: kharj, implementasi, pengelolaan.


Full Text:

PDF

References


Al-Kattani,Abdul Hayyie. Kamaludin Nurdin.(2000).Hukum Dan Tata Negara Dan Kepemimpinan Dalam Takaran Islam, Terjemah Kitab Al Ahkam As-Sulthaniyah Wa Al Wilayah Al-Diniyah.Jakarta : Gema Insai Press, Cetakan Pertama.

Al Mawardi.(1989).Al Ahkam Al Sulthoniyah Wa Al-Wilayah Al- Diniyah, Beirut: Darul Ibnu Qutaibah.

Ash Shalabi, Ali Muhammad. (2011). Umar bin Abdul Aziz Khalifah Pembaru dari Bani Umayyah”,Jakarta : Pustaka Al- Kautsar, cet. 2.

Chapra, M. U. (2001). The Future of Economics; an Islamic Perspective.

Jakarta: SEBI.

Faizi,Herfi Ghulam.(2012). Umar Bin Abdul Aziz 29 Bulan

Mengubah Dunia, Jakarta : Gema Insai Press.

Huda,Nurul, Ahmad Muti.(2011). Keuangan Publik Islam Pendekatan Al-Kharj(Imam Abu Yusuf, Bogor:Ghalia Indonesia, cet. 1

Ibrahim, Muhammad. (1988).Siyasah Al-Maliyah Li Umar Bin

Abdul Aziz, Jakarta:Darul Kitab.

Pusat Bahasa Depdiknas. (2005).Kamus BesarBahasa Indonesia. edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Rohadi, Abdul Fatah.(2003).Meniti Jalan Kearifan Politik Umar Bin Abdul Aziz, Perjuangan Idealism Politik Islam Dalam Praktik, Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu, cet 1

Suharto,Ugi.(2004).keuangan publik Islam : reinterpretasi zakat dan pajak, yogyakarta : pusat studi zakat,cet1.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v7i2.1089

Copyright (c) 2016 IQTISHADIA

Iqtishadia Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/isjd.jpg

Creative Commons License
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats