MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PADA ANAK MELALUI INTERAKSI KEGIATAN SOSIAL

Ahmad Tabi’in

Abstract


Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan
perlu dikembangkan pada diri anak, terutama anak prasekolah.
Peduli sosial perlu dikembangkan agar anak tidak memiliki sifat
negatif, seperti sombong, acuh tak acuh, individualisme, masa
bodoh terhadap masalah sosial, pilih-pilih teman dan lunturnya
budaya gotong-royong. Peduli sosial adalah sikap dan tindakan
yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan
masyarakat yang membutuhkan. Dari sinilah kepedul ian
sosial menuntut kepada setiap individu agar mampu
memperhatikan lingkungan tempat tinggalnya atau
masyarakat. Peduli sosial pada anak bisa diartikan sebagai sikap
40 Journal of Social Science Teaching
mampu memahami kondisi orang lain sesuai dengan pandangan
orang lain tersebut, bukan sesuai dengan pandangannya sendiri.
Pemahaman sikap ini harus dengan latihan-latihan dengan cara
anak dihadapkan pada situasi nyata, serta pemberian contoh dari
keluarga dan orangtua anak. Latihan-latihan ini tentunya
memerlukan sosok orang tua, guru untuk mendampinginya.cara
guru, orang tua dalam mengembangkan sikap peduli sosial adalah
denganmengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari guna
untuk pembiasaan anak.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahid, Nur. (2010). Pendidikan keluarga dalam perspektif

Islam.Yokyakarta: Rineka Cipta

Ahmadi Abu dan Uhbiyati Nur.(2000) Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Alma Buchari, dkk. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung:

Alfabeta.

Darmiyati Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif

Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press

Djamarah, S.B. (2000).Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta.Rineka Cipta.

Fuad Ihsan. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan Ary H.. (2000). Sosiologi Pendididkan. Jakarta: Rineka Cipta

Hamid, Abdul.2009. Ilmu Akhla. Bandung:Pustaka Cipta.

Hera Lestari Malik, Agus Taufik & Puji Lestari Prianti. (2008).

Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Listyarti Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam metode Aktif,

Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi.

Narwanti Sri. (2011). Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Familia.

Nasution, 1983. Sosiologi Pendidikan, Bandung , Jammars.

Mulyani Sumantri & Nana Syaodih. (2008). Perkembangan Peserta

Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Rachman Maman. (1997). Manajemen Kelas. Semarang:Pendidikan

Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pusat Studi PAUD Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Buku Panduan Program Pembelajaran untuk

Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Bagi Pendidik Taman

Kanak-kanak. Yogyakarta: Logung Pustaka

Rohman Arif. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu pendidikan.

Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta.

Setiadi, Elly M. Kama A. Hakam, Ridwan Effendi. 2012. Ilmu Sosial dan

Budaya Dasar, Jakarta: Kencana.

Soekanto, Soerjono. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar ,Jakarta:

Rajawal.

Wahyudin Din. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas

Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.