INTEGRASI AL-QURAN, SAINS DAN ILMU SOSIAL SEBAGAI BASIS MODEL PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS DI MADRASAH

Sanusi Sanusi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi
model pengembangan materi ajar IPS di madrasahmelalui pola dan
pendekatan integratif.Pola Integrasi sebagai sebuah model
pengembangan materi ajar IPS hadir sebagai upaya untuk
memberikan sejumlah alternatif yang berorientasi pada pencapaian
tujuan yang lebih holistik.Di samping itu model pengembaangan
dengan model pendekatan ini dilakukan sebagai kerangka dasar
untuk menempatkan identitas madrasah sesuai porsinya, sehingga
mata pelajaran IPS di madrasah memiliki corak dan karakteristik
berbasis nilai spiritualitas.Titik berangkat dari model
pengembangan integratif ini adalah dimana al-quran dansains
dapat menjadi sumber dari pembentukan elemen-elemen teoretis
untuk menjelaskan realitas, yang memperkuatkajian ilmu sosial
sebagai pengembangan materi ajar IPS yang di terapkan di
madrasah. Selain itu pendekatan ini juga mendorong
pengembangan ilmu-ilmu ke-Islam-an yang di dilakukan dengan
memperkuat dimensi empiris.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-ghazali, Syaikh Muhammad N.d. 2008.Al-quran Kitab Zaman

Kita. Terj. Masykur Hakim dan Ubaidillah, Bandung: Mizan.

Bagir, Zainal Abidin, dkk. (ed.).2005. Integrasi Ilmu dan Agama:

Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan Pustaka.

Echlos, John M. dan Hassan Shadily.2003.Kamus Inggris-Indonesia,

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eickelman, Dale F. Dkk.2010.Al-Qur’an Sains dan Ilmu Sosial, terj. Lien

Iffah Naf’atu Fina & Ari Hendri, Yogyakarta: Elsaq Press.

Hamalik, Oemar, 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi

Aksara.

Maksum, 1999.Madrasah Sejarah Dan Perkembangannya . Jakarta:

Logos.

Muspiroh, Novianti, 2016. Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran

IPA (Perspektif Pendidikan Islam), jurnal pendidikan islam,

vol. 28,484-498.

Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al Barry.1994.Kamus Ilmiah Populer,

Surabaya: Arkola.

Poerwadarminto, W.Y.S. 1986. Konsorsium Bahasa Indonesia (Jakarta:

Balai Pustaka.

Siska, Yulia.2016. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI,

Yogyakarta:Garudhawaca.

Sumarna, Cecep,2005. Rekonstruksi Ilmu: Dari Empirik Rasional

Ateistik ke Empirik-Rasional Teistik. Bandung: Benang Merah

Press.

.2008. Relasi Sains dan Dzikir: Upaya Manusia Menemukan Tuhan

Perspektif Filsafat Ilmu Pendidikan.Lektur.Vol. 14, no.2. STAIN

Cirebon.

T. Jacob. 1995. Menuju Teknologi Berperikemanusiaan: Pikiran-

Pikiran Tentang Indonesia Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia.

Zainiyati,Husniyatus Salamah.2016. Desain Pengembangan

Kurikulum IAIN Menuju UIN Sunan Ampel : Dari Pola

Pendekatan Dikotomis ke Arah Integratif Multidisipliner-Model

Twin Towers, cet. 2,Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v1i1.3105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.