Pengembangan Inventori Adversity Quotient Berbasis Software bagi Remaja

Desika Nanda Nurvita

Abstract


Pengembangan inventori Adversity Quotient berbasis software bagi remaja memiliki tujuan dihasilkannya alat berupa inventori Adversity Quotient yang memiliki validitas dan reliabilitas memadai. Rancangan penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Brog dan Gall (1983). Pengembangan inventori Adversity Quotient berbasis software menunjukkan bahwa inventori ini telah sesuai untuk dijadikan sebagai alat untuk mengukur tingkat adversity quotient remaja.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2010. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, Walter D; Gall Meredith. (1983). Education Research Fourth Edition. New York: Harper and Now Publisher, Inc.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher.

Huda, T.N. & Mulyana, Agus. 2018. Pengaruh Adversity Quotient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic, Vol.4, No. 1: 115-132.

Monks, F. J, dkk. 1991. Psikologi Perkembangan. Terjemahan Sri Rahayu Haditono. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

Nurhayati & Fajrianti, Noram. 2013. Pengaruh Adversity Quotient dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif, Vol.3 , No. 1: 72-77.

Santrock, Jhon W. 2002. Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup Jilid II. Terjemahan oleh Juda Damank, Ahmad Chusaini. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient: Turning Obstacles into Opportunities (Mengubah Hambatan menjadi Peluang). Terjemahan oleh T, Hermaya. 2000. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Stoltz, P. G. 2003. Adversity Quotient in A Work: Mengatasi Kesulitan di Tempat Kerja. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. 2003. Jakarta: Interaksara.

Sugiyono. 2010. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swasty, Wirania. 2010. A-Z Warna Interior: Rumah Tinggal. Depok: Griya Kreasi

Tjundjing, Sia. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan AQ dengan Prestasi Studi pada Siswa SMU. Indonesian Psycological Journal, Vol.17, No. 1: 69-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v3i1.5437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: