Pendekatan Konseling Perspektif Gender Dalam Menangani Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) (Studi Kasus Di Aliansi Peduli Perempuan Sragen)

Ernawati Ernawati, Gadis Deslinda, Sari Asih Guritno

Abstract


Tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penanganan perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) melalui pendekatan konseling perspektif gender. KDRT yang memperoleh pendampingan dari Aliansi Peduli Perempuan. Metode yang digunakan dalam peneltitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Konseling perspektif Gender meliputi pertama Jenis-jenis Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), kedua Proses penanganan perempuan korban KDRT. Manfaat penelitian ini memberikan gambaran tentang pendekatan konseling perspektif Gender dapat dijadikan assessment melalui layanan pendampingan dan pemulihan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga oleh para Aliansi Peduli Perempuan.

Full Text:

PDF

References


Hadi, M. S. & Aminah, S. 2002. Kekerasan Di Balik Cinta. Yogyakarta; Rifka Annisa Women’s Crisis Centre.

Kalibonso, Rita Serena. 2002. Kejahatan itu Bernama Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta: Jurnal Perempuan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1988. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

KOMNAS HAM. 2015. Prinsip-Prinsip Yogyakarta: Prinsip-Prinsip Pemberlakuan Hukum HAM Internasional dalam Kaitannya dengan Orientasi Seksual dan Identitas Gender. Jakarta: KOMNAS HAM.

KOMNAS Perempuan. 2004. Seri Dokumen Kunci 5 mengenai Laporan Pelapor Khusus PBB mengenai Kekerasan terhadap Perempuan. Jakarta: Komnas Perempuan.

KOMNAS Perempuan. 2009. Buku Referensi Penanganan Kasus-Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Lingkungan Peradilan Perempuan. Jakarta: Komnas Perempuan.

KOMNAS Perempuan. 2017. Catatan Tahunan Kekerasan terhadap Perempuan Tahun 2017. Jakarta : Publikasi Komnas Perempuan.

Naafi, Lula An. 2015. Dinamika Psikologis Pada Korban Kekerasan Dalam Pacaran. Skripsi Psikologi. Fakultas Ilmu Social Dan Humaniora. Universitas UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Nadir, 2010. Politik Hukum Pidana dalam Upaya Penghapusan Kekerasan Rumah Tangga sebagai wujud Pengakuan dan Perlindungan HAM, Al-Ihkam, Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Vol. V No. 1 Juni 2010.

Ridwan. 2006. Kekerasan Berbasis Gender (Rrekonstruksi Teologis, Yuridis dan Sosiologis). Yogyakarta: Fajar Pustaka

Saraswati, R. 2006. Perempuan dan Penyelesaian Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Rofiah, N. 2017. Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Perspektif Islam Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 2, 1 (Juni 2017)

Sugandhi, R. 1980. KUHP dengan Penjelasannya. Surabaya: Usaha Nasional.

Teten, A. L.. 2009. Considerations For The Definition, Measurement, Consequences, And Prevention Of Dating Violence Victimization Among Adolescent Girls. Journal Of Women Health. Edisi 18.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: