KERENTANAN PEREMPUAN TERHADAP PENULARAN HIV & AIDS : STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA PENGIDAP HIV/AIDS DI KABUPATEN PATI, JAWA TENGAH

Adiningtyas Prima Yuliani

Abstract


Epidemi HIV dan AIDS di Indonesia terus meningkat. Di Kabupaten Pati angka prevalensi kasus HIV & AIDS daritahun 1996 hingga bulan September 2014 sebanyak 642 kasus dan angka sebaran infeksi seksual menular yang ada di tiap kecamatan di Kabupaten Pati. Kerentanan perempuan terhadap penularan penyakit seperti HIV ini didasarkan pada beberapa faktor yang terjadi pada level yang berbeda yaitu dari level individu, rumah tangga dan masyarakat serta level makro yang sering membuat perempuan tidak menyadari bahaya HIV danAIDS. Gambaran perilaku berisiko yang menyebabkan kerentanan perempuan dalam hal ini Ibu Rumah Tangga karena perilaku beresiko dialami oleh pasangannya,pemaksaan secara seksual dan penggunaan kondom yang rendah karena ketidaktahuan dan perasaan tidak enak untuk meminta pasangannya menggunakan kondom. Stigmatisasi dan diskriminasi masih dialami oleh para ODHA perempuan dalam hal ini Ibu Rumah Tangga.

Kata Kunci : Kerentanan Perempuan, Perilaku Berisiko,HIV & AIDS.

 

HIV and AIDS epidemic in Indonesia continues toincrease. Pati Regency prevalence rate in HIV and AIDScases from 1996 to September 2014 as many as 642 casesand the number of sexually transmitted infections spreadin every district in Pati regency. Women’s vulnerabilityto transmission of diseases like HIV is based on several factors that occur at different levels, namely on the levelof individuals, households and communities as well as themacro level often make women aware of the dangers ofHIV and AIDS. Overview risky behavior that led to thevulnerability of women in this case Housewife becauserisky behaviors experienced by their partner, sexualcoercion and low condom use because of ignoranceand feel bad to ask their partners to use condoms.Stigmatisation and discrimination still experienced by HIV positive people are women in this case Housewife.

Keywords: Women’s Vulnerability, Risk Behavior, HIV and AIDS


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v6i1.983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PALASTREN

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.