Open Journal Systems

Problematika Internal Nelayan Tradisional Kota Padang: Studi Faktor-faktor Sosial Budaya Penyebab Kemiskinan

Muhammad Hidayat

Abstract

 

Tulisan ini menjelaskan tentang  persoalan keluarga nelayan dalam mempertahankan ekonomi keluarga yang dilakukan oleh Ibu rumah tangga nelayan di kota Padang untuk bertahan hidup dari tekanan sosial-ekonomi. Nelayan miskin di Kota Padang berakar dari faktor komplek, yaitu faktor alamiah dan non alamiah. Perjuangan ibu rumah tangga nelayan miskin dalam bertahan hidup, tidak hanya dipengaruhi oleh etos kerja lingkungan mereka, tetapi juga dipengaruhi oleh kemajuan kota Padang yang semakin mempertinggi tingkat kesulitan dalam memepertahankan ekonomi keluarga mereka, bahkan penyakit menular yang tidak terdeteksi oleh pemerintah. Kesulitan sosial-ekonomi yang mereka hadapi tersebut, justru menjadikan lebih cerdas untuk mengambil alternatif dengan sumberdaya sosial yang ada disekitar merek untuk bertahan hidup.

 

References


BPS. 2014. Monitoring dan Kajian terhadap Program Kemiskinan di Indonesia. Jakarta

Charles, Anthony T. 2001. Suitainable Fishery System, Fish and Aquatic Resources Series. Oxford: Blackwell Science.

Junaidi. 1991. Tempat Pelelangan Ikan Masalah dan Pengembangannya di Kota Padang. Padang: UBH Press.

……….(1992). Dampak Bantuan Paket Teknologi Penangkapan Ikan Terhadap Nelayan Tradisional di Kepulauan Mentawai (Studi Kasus di Desa Malilimok Kec. Siberut Selatan Kab. Padang Pariaman. Padang: UBH Press.

.............. (2008). The Implementation of Auction System on The Price of Tuna Fish in West Sumatera. International Conference 2008 on Quantitative Method Used in Economic and Business at University Malahayaty Lampung. Padang: UBH Press.

Kompas, 28 Maret 2008

Kusnadi. 2002. Polemik Kemiskinan Nelayan. Yogyakarta: Pondok Edukasi dan Pokja Pembaruan

Nawawi. 1993. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Satria, Arif. 2002. Dinamika Modernisasi Perikanan: Formasi Sosial dan Mobilitas Nelayan. Bandung HUP

Suyanto, Bagong. 2003. Kajian Model Pemberdayaan Ekonomi Rakyat di Desa Pantai Madura dan kawasan Selatan Jawa Timur. Surabaya: Lemlit UNAIR Jatim.

Sipuk. 2004. Penangkapan Iklan di Laut, Aspek Produksi. SIPUK

Smith, Nigel. 1981. Man, Fish, and the Amazone. New York: Colombia University Press.

Winayu dan Santiasih. 1993. Permasalahan Pembangunan Perikanan. Dalam Mubyarto (dkk). Riau dalam Kancah Perubahan Ekonomi Global. Yogyakarta: Aditya Media

Yulianto, Trimo. 2005. Tesis “Fenomena Program- Program Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Klaten”. Yogyakarta: Perpustakaan UGM.




DOI: 10.21043/cdjpmi.v2i2.3307

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.