PENGEMBANGAN LITERASI BERBICARA BAHASA ARAB (MAHĀRAT AL-KALĀM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Umi Hanifah

Abstract


Keterampilan literasi bagi peserta didik pada hakekatnya sangat
mempengaruhi pencapaian prestasi akademik mereka. Semakin baik
keterampilan literasi peserta didik maka akan semakin baik juga pencapaian
prestasi akademiknya. Berdasarkan jenis literasi dasar, berbicara (mahārat alkalām) adalah salah satu kompetensi berbahasa yang sifatnya aktif-produktif.
Berbicara adalah kegiatan memberi, menerima bahasa dan menyampaikan
pesan atau gagasan kepada lawan bicara atau sebaliknya, sehingga pesan yang
disampaikan akan diterima dan ditanggapi secara langsung oleh lawan bicara.
Kemampuan berbahasa seseorang pada dasarnya dapat dimaksimalkan dengan
melakukan latihan, yaitu melatih diri untuk menjadi terampil. Dalam mata
pelajaran bahasa Arab, keterampilan berbicara (mahārat al-kalām)
merupakan keterampilan pokok yang harus dikuasai peserta didik dan
merupakan salah satu tujuan utama dalam belajar bahasa Asing. Metode pembelajaran bahasa yang digunakan oleh seorang guru akan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan peserta didik dalam belajar bahasa. Di antara metode pengembangan literasi berbahasa lisan (mahārat al-kalām) yang menyenangkan dan sesuai untuk pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah: metode shaw and tell, metode permainan bahasa (allu’bah al-lughawiyah) dan metode menyanyi lagu berbahasa Arab.


Keywords


Literasi; keterampilan berbahasa Lisan (mahārat al-kalām); Show and Tell; Permainan Bahasa (al-Lu'bah al-Lughawiyah); Menyanyi

References


Ali, Fathi dan Abd al-Rauf Muhammad Yunus. 2003. Al-Marji’ Fi Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah ila al-Tathbiq. al-Qahirah: Maktabah Wahbah.

Al-Naqah, Mahmud Kamil. 1985. Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Makkah al-Mukarramah: Jami‟at Um al-Qura.

Asrori, Imam. 1995. Al-Wasa>’il al-Mu’i>na>t Li Ta’li>m al-Arabiyah. Malang: Jurusan Bahasa Arab, Ma’had al-‘Ali li al-Funu>n al-Tadri>si wa Ulu>m al-Tarbiyah.

DePorter, Bobbi dkk. 2000. Quantun Teaching, Mempraktikan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Mizan, Media Utama.

Faizah, Dewi Utama, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hanifah, Umi. 2011. Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Surabaya: Putra Media Nusantara.

Hanifah, Umi. 2015. Pentingnya Buku Ajar yang Berkualitas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dalam at-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, Volume 3, Number 1, pp. 99-121.

Hanifah, Umi. 2016. Penerapan Model PAIKEM dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 301-330.

Hanifah, Umi. 2018. Pengembangan Literasi di Kelas Awal dalam "Modul Program Pelatihan Guru dalam Jabatan untuk Pengembangan Literasi". Surabaya: Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia dan Kemitraan Australia Indonesia.

http://www.Dakwatuna.com/ Bahan Dakwah: Panduan untuk Para Da’i dan Khotib.Diakses tanggal 24 September 2013.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kasdi, Dina Novita Wijayanti. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-anak untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementary Islamic Teacher Journal Vol 4, No 1.

Konsorsium Program USAID PRIORITAS. 2015. Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik SD/MI dalam "Modul Lokakarya". Jakarta: USAID PRIORITAS.

Kusriyanto. 2016. Bermain Drama untuk Mengembangkan Kemampuan dan Kreativitas Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Islam al-Azhar 14 Semarang. Elementary Islamic Teacher Journal Vol 4, No 2 pp. 1-25.

Mahmud Ilyan, Ahmad Fuad. 1992. Al-Maharat al-Lughawiyyah: Mahiyatuha wa Tharaiq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa al-Tauzi.

Masyhud, Fathin dan Ida Husnur Rahmawati. 2012. Ta’alau Nughonni Ma’an. Surabaya: Diantama.

Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. 2011. Metode Permainan-Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Musfiroh, Tadkirotun. 2011. "Show and tell Edukatif untuk Pengembangan Empathi, Afiliasi Resolusi Konflik, dan Kebiasaan Positif Anak Usia Dini". Jurnal Kependidikan Volume 41 No. 2, di akses dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2219 diunduh pada tanggal 01Desember 2018 pukul 16.51 hal 129-143.

Mutasi Ningsih, Okki Ristya. 2014. Meningkatkan Percaya Diri Melalui Metode Shaw and Tell pada Anak Kelompok A TK Marsudi Putra Dagaran, Palbapang, Bantul. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa berbasis Kompetensi. Yogyakarta BPFE.

Nurhidayati. & Ridwan, Nur Anisah. 2005. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Program due-like. Malang: Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Robbins, Stephen P. 2000. Human Resources Management Concept and Practices. Jakarta: PT. Preenhalindo.

Rohaeti, Euis. 2011. Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Melalui Metode Shaw and Tell pada Bahasa dan Sastra Indonesia di Keas 2 SDN 3Cikahuripan Lembang. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Semiawan, Conny R. 2007. Landasan Pembelajaran dalam Perkembangan Manusia. Jakarta: CHDC.

Soemarjadi, dkk. 1991. Psikologi Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Soeparno. 1980. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Sulastri. 2008. Peningkatan Keterampilan Berbicara Formal dalam Bahasa Indonesia Melalui Gelar Wicara. Jakarta: UNJ.

Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.

Team Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa epartemen Pendidikan Nasional.

Wirdayat, Wowon. 2006. Kata Pengantar dalam "Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD". Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4383

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License