MANAJEMEN KELAS INKLUSIF DI SD N KETINTANG II SURABAYA

Ida Miftakhul Jannah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana manajemen kelas
inklusif di SDN Ketintang II Surabaya ditinjau dari manajemen lingkungan
kelas secara fisik. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi dan
wawancara. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN
Ketintang II Surabaya. Sedangkan analisis dimulai dengan reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa manajemen kelas inklusif dilihat dari manajemen lingkungan fisik
sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari furnitur kelas yang diatur sesuai
tempatnya, ventilasi dan pencahayaan kelas cukup baik, serta pengaturan
tempat duduk berbentuk lajur, 2 lajur untuk reguler dan 2 lajur untuk ABK,
dan ketika pembelajaran klasik berbentuk U. Namun dari segi manajemen
kursi siswa, tidak ada pengelompokan berdasarkan kompetensi ABK.
Dengan kata lain, semua ABK diajarkan oleh GPK (Guru Pendamping
Kelas). Manajemen siswa ABK harus diklasifikasikan berdasarkan
kompetensi mereka sehingga akan memudahkan guru dalam mengajar.


Keywords


Manajemen kelas inklusif, anak berkebutuhan khusus

References


Alex, S. 1996. Management Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan kelas dan siswa. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Pengelolaan Kelas dan Peserta didik Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Press.

Asmani, Jamal Ma‟mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Jakarta : PT Indeks.

Badrudin. 2014. Manajemen peserta didik. Jakarta: Permata Puri Media.

Cooper, James M. 1995.Classroom Teaching Skills. Lexington : D.C. Heath and Company.

Daryanto. H.M. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamah, Syaiful Bahfri. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif . Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.

Don Moyer R. dkk. 1995. The Knowledge Base in Educational Administration, New York: The State University of NY Press.

E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesioanal. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Evertson, Carolyn M vertson; Edmund T. Emmer. 2011. Manajemen Kelas Untuk Guru SD. Jakarta: Kencana.

Hadari, Nawawi. 1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung.

Hadhari Nawawi. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, Oemar. 2005.Metoda Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Harsono, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Hasri, Salfen. 2009. Sekolah Efektif dan Guru Efektif . Yogyakarta: Aditya Media Printing and Publising.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

http://edukasimedia.wordpress.com/2011/07/15/definisi-sekolah/.Diakses pada Mei 2014.

http://www.ljemail.org/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID. Diakses 15 Oktober 2014.

https://ikhsanhidayat28.wordpress.com/2013/04/21/pengelolaan-kelas.

Idris, Zahara Idris. 1981. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa Raya.

John M. Enchols, Hassan Shadily. 2012. Kamus Inggris,316; J.David Smith, Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran , cet. ke-3 Bandung: Nuansa. Terj. Denys, Ny.Enrica.

Karwati, Euis arwati dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Classroom Management. Bandung : Alfabeta.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung,: PT Remaja Rosda Karya.

Moeleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudasir. 2011. Manajemen Kelas. Yogyakarta: Penerbit Zanafa Publishing.

Mukaffah, Zumrotul. pendidikan akhlak multikultur (Studi Kasus di Sekolah Dasar (SD) Inklusif Galuh Handayani). digilib.uinsby.ac.id

Mulyasa. 2003. Kurikilulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Nata, Abuddin. 2014. Perspektif Islam tentang Startegi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nurhasnawati. 2002. Strategi Pengajaran Micro. Pekanbaru: Suska Press.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Potter , Bobby de, 2000. Quantum Teaching, Jakarta: kaifa.

Puis A. Partanto, M. Dahlan al-Barry. 2001. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusyan, H.A. Tabrani. 2013. Seri Peningkatan Mutu Pendidikan: Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Dinamika Pendidikan.

Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-prinsip Manajemen Kelas. Diva Press.

Sahertian, Piet A, dan alaeda sahertian. 1990. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Inservice Education. Jakarta. Rineka cipta.

Santrock, W.J. 2008. Educational Psychology . USA: McGraw-Hill.

Smith, J. Davit. 2012. Sekolah Inklusif; Konsep dan Penerapan Pembelajaran, Bandung: Nuasa, Terjmh. Denis, Ny.Enrica.

Stubbs, Sue. 2008. Inclusive Education Where There Are Few Resources, Oslo, Norway: The Atlas Alliance.

Sulistyorini. 2009. Menejemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Surachmad, Winarno. 1978. Dasar dan Teknik Research, Bandung: Tarsito.

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Syaifuahman dan Tri Utami. Manajemen dalam pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.

Syaifurrahman dan Tri Ujiati. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: Permata Puri Media.

Takdir Ilahi, Mohammad. 2013. Pendidikan Inklusif. Konsep dan Aplikasi, Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.

UU No 20 tahun 2003, Pasal 1 ayat 1.

W.K Hoy & J. W. Hannum. 1997. Middle School Climate: An Empirical Assessment of Organizational Health and Student Achievement. Journal Educational Administration Quarterly, 33 (3)

Winaputra, Udin S. 2002. Strategi belajar mengajar.Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wold B. O. Samdal & M. Bronis. Relationship between students’ perceptions of school environment, their satisfaction with school and perceived academic achievement: An international study, 1999. School Effectiveness and School Improvement.

Wuryani Djiwandono, Sri Esti. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4387

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License