MODEL BERPIKIR KONVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU

Moh Zaiful Rosyid, Mohammad Thoha

Abstract


Belajar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan bagi setiap individu atau
siswa dalam proses transfer nilai (value) dan ilmu pengetahuan
(knowledge).Berfikir konvergen akan menjadikan anak lebih kreatif dalam
menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapinya. Berpikir konvergen
adalah tipe berpikir siswa yang ada dalam semua diri individu tidak terkecuali
pada siswa.Konvergen merupakan teknik atau kegiatan siswa memecahkan
suatu permasalahan (problem solving) dengan penyelesaian yang efektif dan
efisien.


Keywords


Belajar dan Berpikir Konvergen.

References


Alamolhodaei, Hassan,”Convergent/ Divergent Styles And Mathematical Problem Solving”, Journal Of Science And Mathematics Education S.E Asia, Vol. XXIV No. 2.

Alimuddin, “Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kretivitas Siswa Melalui Tugas-Tugas Pemecahan Masalah”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, (Mei, 2009).

Arifin, Zainal, Evaluasi Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya, 2017.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Haryanto, “Pembelajaran Konstruktivistik Meningkatkan Cara Berpikir Divergen Siswa SD”, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 8, No.1, (2015).

Huda, Miftahul, Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Hudoyo, Herman, Pengenbangan Kurikulum Matematika & Di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, 1979.

Jahandar, Shahrokh, dkk, “The Think-aloud Method in EFL Reading Comprehension,” International Journal of Scientific & Engineering Research, Volume 3 Issue 9 September (2012).

Nara, Cindy, Tipe Berfikir Divergen Vs Konvergen, https://blog.karir.com/2016/09/30/tipe-berpikir-divergen-vs-konvergen/ (Diakses: 26-10-2017 Pukul 11:18 WIB).

Olson, H. Matthew and B.R. Hegernhahn, An Introduction to Theories of Learning, America: Pearson Education, 2013.

Piaget, Jean dan Inhelder, Barbel, The Psychology Of Child, Terj. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Sak, Ugur dan Maker, C. June,”Divergence And Convergence Of Mental Forces Of Children In Open And Closed Mathematical Problems”, International Education Journal, (2005).

Sriraman, Bharath,”Convergence in Creativity Development for Mathematical Capacity”, Springer Science and Business, (2016).

Swety Ismienar, dkk, Thinking, https://www.google.co.id/search? Diakses 05-12-2017 Pukul 09.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4391

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License