KOMPETENSI DAN DAYA SAING LULUSAN SEKOLAH DASAR DI LEMBAGA JENJANG LANJUTAN

Azzah Nor Laila, Alex Yusron Al-Mufti, Sukarman Sukarman

Abstract


Lembaga pendidikan Indonesia terus mengalami peningkatan secara kuantitas.
Baik tingkat dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Dalam hal pendidikan
tingkat dasar, penanaman karakter menjadi hal penting untuk memiliki bekal
survive pada jenjang lanjutan.Lalu bagaimanakualitas kompetensi lulusan sekolah
dasar.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikankompetensi yang dikuasai alumni
Sekolah Dasar serta daya saingnya di pendidikan lanjutan.Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil temuan dalam
penelitian ini kompetensi tingkatlulusan sekolah Dasar dapat dipetakan mencakup
dua kompetensi pokok. Pertama, kompetensi dasar meliputi kemampuan
mengikuti materi pelajaran lanjutan, mampu beradaptasi di jenjang Sekolah
Menengah.Kedua, kompetensi pembeda meliputi kemampuan berprestasi unggul
pada bidang tertentu, dan menduduki posisi penting pada organisasi sekolah di
tingkat lanjutan. Hasil tingkat survive lulusan SD Semai ada 75 %, SDUT 76 %,
60 % MI Miftahul Huda, dan tertinggi 78 % HSPG Semarang. Tingkat kepuasan
rata-rata 100 % puas, dan MI Miftahul Huda 86 % puas.


Keywords


Kompetensi, Lulusan, Sekolah Dasar, Millenial

References


Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skills Education). Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Broad-Based Education. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung: Alfabeta.

Maunah, Binti. 2011. Perbandingan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Teras.

Palan. 2007. Competency Management Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi.Jakarta: PPM.

Purwanti, Siwi. 2018. Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor, The 7th University Research Colloqium STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.58-67.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D).Bandung: ALFABETA.

Suyitno, Utami H. R. 2016. Relevansi Tema Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Muatan Lokal–Nasional, Malih Peddas, Volume 6, Nomor 2, Desember 132-140.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. 2014. Bandung: Citra Umbara.

Yeni, Ety Mukhlesi. 2015. Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar, JUPENDAS, Vol. 2, No. 2, September, 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4397

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License