KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI DI SD

imam ma'arif syah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar menulis narasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 5 Gumelar Kabupaten Banyumas, yang terdiri dari 21 orang siswa kelas eksperimen dan 22 orang siswa kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama dengan menggunakan independent sample t test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas IV antara yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media video dan yang menggunakan media gambar. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis kedua dengan menggunakan one sample t test, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas IV yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media video lebih tinggi daripada yang menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa media video efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.


Keywords


Aktivitas; Hasil Belajar; dan Media Video

References


Baharuddin, I. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 2, Nomor 2. ISSN: 2339-0794.

Cahyani, R., & Karyanto, P. 2016. Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Biosfer Pada Siswa Kelas Xi Ips. Jurnal Geo Eco, Vol. 2, No.2, ISSN: 2460-0768.

Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternative Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 5, No. 1.

Imamah, N. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (1), 32–36.

Munib, Achmad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Purwanti, B. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 3, Nomor 1. ISSN: 2337-7623.

Santosa, Puji, dkk . 2011. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sufanti, Main. 2012. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Taufiq, dkk. 2010. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4496

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License