Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

mahfud nahrowi

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berbasis HOTS bagi guru kelas V  Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.

Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R & D) dari Borg and Gall. Prosedur pengembangan model menggunakan ADDIE dengan lima langkah yakni  analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data berupa dokumentasi kinerja penilaian guru, angket, observasi, wawancara,  ujicoba model. Subjek penelitian yaitu  guru dan  Kepala Madrasah. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan  kuesioner, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif.  

Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model penilaian autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik berbasis HOTS guru kelas V MI di Kecamatan Gebog sangat penting dan dibutuhkan mulai  dari kinerja sistem; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut. Begitu juga komponen sistem; guru dan sarana prasarana. Produk pengembangan berupa Buku Panduan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS. Hasil uji kelayakan buku panduan dari pakar dan praktisi diperoleh nilai 83,33 dalam kategori sangat layak. Adapun Hasil uji coba terbatas dan uji coba diperluas terhadap penggunaan produk didiskripsikan terdapat peningkatan kualitas kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik sebesar 30,29% dari uji coba terbatas 54,29% naik menjadi 84,57% sehingga produk dapat dikategorikan efektif dan layak digunakan sebagai panduan oleh guru kelas V MI di Kecamatan Gebog.

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

 


ABSTRACT

 

 

The study aims to develop authentic assessment model in HOTS-based thematic learning for the fifth grade teachers of Madrasah Ibtidaiyah in Subdistrict of Gebog in Kudus Regency.

This research method used Research and Development (R & D) design from Borg and Gall. The model development procedure used five steps of ADDIE, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The sources of data were the documentation of teacher assessment performance, questionnaire, observation, interview, and model trial. The research subjects were the teachers and the principal. The techniques and instruments for collecting data used questionnaire, interview, observation, documentation and test. Validity test of the data used triangulation. Data analysis techniques used quantitative and qualitative.

Result of the research shows the development of curriculum 2013 authentic assessment model in HOTS-based thematic learning for the fifth grade teachers of Madrasah Ibtidaiyah in Subdistrict of Gebog  is very important and needed starting from performance system; planning, implementation, evaluation, reporting and following-up. It is also component system; teacher and infrastructure. The development product is a guidebook in HOTS-based thematic learning. The proper test result of a guidebook from experts and practitioners obtained  value of 83.33 in the very feasible category. The results of limited trials and expanded trials in using product described by improving the quality of teachers' ability in doing authentic assessment was 30,29 % of limited trials 54,29 % increased to 84.57% so that the product is effective and appropriate used as guidance by the fifth grade teachers of Madrasah Ibtidaiyah in Gebog Subdistrict.

Keywords: Authentic Assessment, Tematic Learning, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Keywords


education

References


DAFTAR PUSTAKA

Barnett, J. E. & Francis, A. L, “Using Higher Order Thinking Question to Foster Critical Thinking”, Journal of Experimental Educational Psychology,Vol. 32, No. 2 ( 2016): 201-211.

Basuki, Ismet. Asesmen Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Brookhart, How to Assess Higher-Order Thingking Skills in Your Classroom. Virginia USA: ASCD Alexandria, VA, 2010.

Dinni, Husna Nur, “HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika”, Prisma Unnes, Vol. 1, No. 1 (2018): 170-176

Enggarwati, Nur Sasi, “Kesulitan Guru SD Negeri Glagah dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPY, Vol. 12, No. 4 (2015): 1-8

Gultom, Syawal. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Hanif, Ma’mun, “Model Supervisi Klinis dengan Pendekatan Peer Coaching Grow Me dalam Penilaian Autentik pada Guru MTs Negeri di Kabupaten Brebes”, Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Vol.1, No.1 (2017): 99-110.

Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Daftar Penilaian hasil Belajar Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018-2019.

King, F., Goodson, L., & Rohani, F., “Higher Order Thinking Skills: Definitions, strategies, assessment”, Center for Advancement of Learning and Assessment. Tallahassee, FL: Florida State University, Vol. 1, No. 3 (2011):162.

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

Mainali, “Higher Order Thinking in Education”, A Multidisciplinary, Vol. 2, No. 1 (2012): 5 – 10.

Masrukhin, “Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Evaluasi dalam Pembelajaran”, Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, Semarang 22 November 2014, Universitas Negeri Semarang: 724

Moon T.R. C.M. Brighton & C.M. Callahan, “Development of Autentic Assessments for The Middle School Classroom”, Journal of Secondary Gifted Education Vol. 2, No. 3 (2016): 89-98.

Mueller, J., “Authentic Assessment in The Classroom and The Library Media Center”, Library Media Connection, Vol. 23, No. 7 (2005):1418-1428.

Rahmanto, Arju. Efektifitas Materi Peer Coaching pada Diklat Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah dalam Mensupervisi Kepala Sekolah Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah. Semarang: LPMP Jawa Tengah. 2013.

Sugiyanto, “Penggunaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Biologi dengan Inkuiri Terbimbing Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”, Biol.Educ, Vol. 4 (2015): 41-51

Supriano, Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill (HOTS), Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 2018.

Tegeh, I Made & Kirna, I Made, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model”, Jurnal IKA, Vol 11, No. 1 (2013): 12-25.

Todorov, Karen R., “Authentic Assessment of social studies”, Michigan Department of Education Curriculum Development Program Unit. Vol. 5, No. 3 (2009): 325-336.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6005

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License