PENGARUH RASIO SISWA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI MI MA’ARIF NGAMPELDENTO SALAMAN KAB.MAGELANG JAWA TENGAH

Siti Anisatun Nafi'ah, Muhammad Islakhudin

Abstract


Jumlah siswa dalam suatu kelas dapat mempengaruhi pembelajaran di dalam kelas. Siswa yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan berdampak pada psikologi perkembangan peserta didik. Salah satu perkembangan yang sangat penting adalah perkembangan kognitif peserta didik. MI Ma’arif Ngampeldento memiliki jumlah peserta didik 28.

Metode penlitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan model miles and hubberman.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa jumlah siswa sedikit tidak selalu menunjukan kognitif peserta didik baik, tetapi sebaliknya yaitu kognitif peserta didik di MI Ma’arif Ngampeldento rendah. (1) Kurangnya pertukaran ide antar siswa karena sedikitnya jumlah teman di lingkungan sekolah. (2) Minimnya interaksi antar siswa di lingkungan sekolah. (3) tidak terdapat teman sebaya dalam satu sekolah yang bertempat tinggal sama/dekat. (4) letak geografis lingkungan sekolah anak yang berada jauh dari pusat kota. (5) Kurangnya kepedulian orangtua dalam perkembangan kognitif anak. (6) Guru yang kurang cakap dalam menjalankan tugasnya.

Keywords


Rasio Peserta Didik; Perkembangan Kognitif

References


A. King. Laura, Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif, (Terj Deresi Opi Perdana Yanti), Cet. 1, Jakarta: Selemba Humanika, 2012

Bahri Thalib, Syansul Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Hidayati, Wiji, dkk, Psikologi Perkembangan , Yogyakarta: Teras, 2008.

Matt, Jarvis, Teori-Teori Psikologi, Cet. X, Bandung: Nusa Media, 2011.

Syamsudin Makmun, Abin Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Hasil observasi di MI Ma’arif Ngampeldento pada tanggal 11 Juni 2019.

Olah data wawancara dengan guru MI Maarif Ngampeldento tanggal 10 Juni 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6839

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License