AKTUALISASI BUDAYA LITERASI MEMBACA DI MI MA’ARIF SALATIGA

Siti Nok Chalimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan literasi membaca di MI Ma’arif Dukuh Salatiga, beserta hambatan dalam pelaksanaannya dan juga rencana jangka pendek dan panjang dari kegiatan tersebut. Penelitian ini melibatkan guru di sekolah serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan juga analisis dokumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi di MI Ma’arif ini sudah dilaksanakan bagi semua peserta didik kelas 1 sampai 6. Mereka bukan hanya diminta membaca tetapi juga menjawab pertanyaan dan juga menceritakan kembali sebagai usaha untuk mendorong mereka untuk memahami bacaan secara komprehensif. Beberapa kendala masih ditemukan seperti kurangnya sumber buku bacaan, tidak adanya perpustakaan dan juga rendahnya dukungan orang tua peserta didik. Sebagai rencana jangka pendek dan panjang dari kegiatan ini, guru akan mencanangkan kegiatan setor cerita kepada wali kelas. Ini dilakukan selain untuk melatih pemahaman mereka, juga untuk melatih keberanian mereka untuk tampil di depan kelas.

References


Abidin, Yunus., Mulyati, Tita., dan Yunansah, Hana. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Antasari, Indah Wijaya. 2016. Dukungan orang tua dalam membangun literasi anak. Journal of Library and Information Science, Vol. 6 (2).

Azis, Abdul. 2018. Rancangan implementasi gerakan literasi sekolah melalui perpustakaan di MIM Gandatapa Banyumas. Jurnal PUBLIS, Vol. 2 (1).

Chua Yan Piaw. 2016. Mastering Research Methods (2nd Edition). Malaysia: McGraw-Hill Education.

Choirudin, Roni., Sudiran., dan Bazarah, Jamil. 2018. Pengaruh perpustakaan keliling terhadap minat baca di kecamatan palaran tahun 2018. Administrasi Publik, Vol. 2 (3).

Creswell, John W. 2017. Research Design: Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, Terj. Achmad Fawaid dan Rianayati KP. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Delgadova, Elena. 2015. Reading literacy as one of the most significant academic competencies for the university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences 178.

Desyandri. 2018. Nilai-nilai kearifan lokal untuk menumbuhkembangkan literasi budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 27 (1).

Fajarwati. 2018. Implementasi program literasi sekolah di kelas rendah SD Ngoto Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 12.

Hastuti, Sunu., dan Lestari, Nia Agus. 2018. Gerakan literasi sekolah: Implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo Kediri. Basa Taka, Vol. 1 (2).

Hidayat, M Hilal., Basuki , Imam Agus., dan Akbar, Sa’dun. .2018. Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 3 (6).

Laksono, K., dan Retnaningdyah, P. 2018. Literacy infrastructure, access to books, and the implementation of the school literacy movement in primary schools in Indonesia. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng. 296 012045.

Murnane, Richard., Sawhill, Isabel., dan Snow, Catherine. 2012. Literacy challenges for the twenty-first century: Introducing the issue. The Future of Children, Vol. 22 (2).

Novitasari, Desi dan Soedjarwo. 2013. Budaya literasi dalam perspektif manajemen pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 1 (1).

Padmadewi, Ni Nyoman., Artini, Luh Putu., Nitiasih, Putu Kerti., dan Suandana, I Wayan. 2018. Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 7 (1).

Permatasari, Ane. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Sari, Ika Fadilah Ratna. 2018. Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol. 10 (1).

Saripah, Iip. 2017. Implementasi pelatihan kewirausahaan bagi anak putus sekolah. Jurnal AKRAB, Vol. 5 (1).

Solehudin. 2018. Keefektifan Program Literasi Alquran di Sekolah-Sekolah Swasta Non-Agama Dalam Kerangka Penguatan Karakter (Kajian Di Jawa Barat). Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur‟an dan Tafsir, Vol. 3 (2).

Yulianto, Agus. “Literasi Alquran Bisa Dimulai dari Membaca dan Mengartikan”(Khazanah Republika, 5 Desember 2016).

https://dinaspersip.salatiga.go.id/artikel/read/48/Dinas-Perpustakan-Dan-Kearsipan-Kota-Salatiga-Terima-Bantuan-Mobil-Perpustakaan-Keliling-dengan-Fitur-Lengkap diakses pada 11 Desember 2019 pukul 17.00 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6877

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License