PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI MEMBACA “NARRATIVE TEXT” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SALAFIYAH KAJEN PATI

Retno Susilowati

Abstract


Penanaman karakter pada anak merupakan tujuan utama dari kurikulum tiga belas.. Penanaman karakter ini dapat dilakukan melalui pembiasaan literasi yang merupakan program pemerintah sekarang ini. Dengan membaca siswa akan mendapatkan banyak pengetahuan yang menunjang pendidikan karakter anak. Membaca teks narrative bahasa inggris yang berbentuk cerita pendek dalam pembelajaran bahasa inggris mampu memberikan pengajaran yang mengandung moral value atau nilai-nilai luhur yang terkandung dalam teks. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris melalui membaca narrative text dan juga untuk mengetahui nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks narrative. Penelitian ini menggunakan metode kualitative dengan data yang dikumpulkan melauli observasi, interview dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan pembelajaran membaca narrative text di MI Salafiyah dilakukan dengan beberapa proses, yakni melalui pengklasifikasian struktur text narrative yang terdiri dari orientation, conflict, dan resolution. Kedua, pemahaman text secara keseluruhan dengan mencari nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita. Pembelajaran membaca narrative text ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan karena narrative text mampu menghibur pembaca dengan cerita-cerita yang lucu, menarik sehingga siswa lebih mudah menyerap nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya.


Keywords


Penanaman Karakter, Narrative Text, Pembelajaran Bahasa Inggris di MI

Full Text:

PDF PDF

References


Fadilah Oktafiyanti Nor dan Masitoh Siti.2018. STRATEGI STORY MAPPNG TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANTEKS NARASI ANAK TUNARUNGU. Jurnal Pendidikan Khusus. Hal.5

Lapindus, Ira. 1982. Kamus Umum Bahsa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Majid Abdul & Andayani Dian, 2012, Pendidikan Karakter Perspektif Islam.Bandung: PT Remaja Rosda Karya, h. 11.

Ma’rifat, Dwi (2017). A Case Study of Using Songs in Teaching English Vocabulary to Young Learners. Journal of English and Education Vol. 5 No. 1, pp. 49 – 55.

Millington.2011. Using Songs Effectively to Teach English to Young Learners.Language Education in Asia, Volume 2, Issue 1. Page 135

Rahasya Maidhina Keisha. 2017. TEACHING GOOD CHARACTER IN A NARRATIVE TEXTTHROUGH STORYTELLING. Journal of English and Education.

Vol. 5 No. 2, , pp. 145 – 153

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung :Alfabeta. 2013.

Zuriyah, Nurul.2011. Pendidikan Moral dan Budi pekerti dalam Perspektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Soekamto, Soejono. 1993. Kamus Sosiologi. Jakarta: RAjawali Press.

Zubaedi.2012. Disain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6923

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License