ANALISIS BAHAN AJAR KURIKULUM 2013 BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE KELAS IV

Eva Luthfi Fakhru Ahsani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis buku tematik Kurikulum 2013 dilihat dari aspek kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulkan data berupa analisis yang bersifat studi pustaka (library research) pada buku Tema 2 Selalu Berhemat Energi kelsa IV Kurikulum 2013. Proses penelitian ini dilakukan dengan cara mengkaji materi, menganalisis kesesuaian buku dengan aspek kecerdasan majemuk, mendeskripsikan hasil analisis dan memberikan kesimpulan dan saran. Hasil analisis buku tematik bahwa distribusi penyebaran aspek kecedasaran majemuk (multiple intelligence) belum merata. Hal ini terlihat pada subtema 1 diperoleh bahwa  kecerdasan tertinggi pada kecerdasan Interpersonal 18% dan terendah pada kecerdasan ekstensial 6%, subtema 2 diperoleh   kecerdasan tertinggi pada kecerdasan kinestetik 19% dan terendah kecerdasan eksistensial 3%, dan subtema 3 diperoleh kecerdasan tertinggi pada kecerdasan kinestetik 19% dan terendah kecerdasan eksistensial 3%. Kecerdasan siswa dapat dimaksimalkan dengan mengembangkan pembelajaran yang terdapat di buku siswa yaitu dengan menambahkan kegiatan aktivitas siswa yang belum sepenuhnya terdapat di buku siswa. Aktivitas siswa bisa dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.


Keywords


Bahan Ajar, Kurikulum 2013, Kecerdasan Majemuk

References


Amstrong, T. (2012). 7 Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Arifmiboy. (2016). Multiple intelligences: mengoptimalkan kecerdasan anak sebagai upaya dalam mempersiapkan generasi emas masa depan. 69–84.

Assidiq, R., Rahayu, T., & Sari, Y. K. E. (2012). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kecerdasan Majemuk Sebagai Sebuah Inovasi Dalam Pendidikan Di SMA IT ASY Syifa Subang-Jawa Barat. 1–24. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Astuti, W. T. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. 1(November), 257–276.

Gangadevi, D. R. (2014). Multiple Intelligence Based Curriculum to Enhance Inclusive. Research Article, 2(8), 619–626.

GÖZÜM, S. G. Y. & A. İ. C. (2013). The Effects Of Multiple Intelligence Theory Based Teaching On Students ’ Achievement And Retention of Knowledge ( Example Of The Enzymes Subject). July, 27–36.

Hamzah, A. (2009). Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran. Tadrîs, 4(2), 252–262.

Kusniati, E. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS. IX(2), 167–178.

Lunenburg, F. C., Lunenburg, M. R., & Isd, W. (2014). Applying Multiple Intelligences in the Classroom : A Fresh Look at Teaching Writing. 16(1), 1–14.

Machali, I. (1970). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21–45. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.462

Maharani, R. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Teori Multiple Intelligences: Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 11–24.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Xie, J. C., & Sciences, H. (2009). Research on Multiple Intelligences Teaching and Assessment. 4(2), 106–124.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/academiaedu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/globethics.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/issuu.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/iiifactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/universalimpactfactor.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/citeulike.jpg

  

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License