PRA PRAKTIKUM: PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT-ALAT LABORATORIUM BIOLOGI DI SMP/MTs

Supriadi Supriadi, Irna Lismawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan ensiklopedia alat-alat laboratorium biologi di SMP; 2) Menganalisis kelayakan produk yang dikembangkan mengacu hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan hasil uji coba produk. Prosedur penelitian merujuk desain Research and Development (R&D) Borg and Gall dan Dick and Carey. Langkah-langkah pengembangan dibatasi sampai tujuh tahap: analisis potensi masalah dan analisis kebutuhan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon guru dan peserta didik. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) Buku ensiklopedia alat-alat laboratorium biologi untuk SMP/MTs.; 2) Kategori ensiklopedia bedasarkan ahli materi 83.92%, ahli media 91.66%, ahli pembelajaran 93.71%. Respon guru terhadap produk sebesar 96.42% dan tanggapan peserta didik terhadap produk sebesar 81.87%. Artinya, ensiklopedia alat-alat laboratorium biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

 

Kata Kunci: Ensiklopedia, alat-alat laboratorium biologi


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. (2001). Analisis Pembelajaran Biologi Molekuler di SMU Kodya Bandung. Makalah Penelitian. Bandung: FMIPA UPI

Carin, A.A. & Sund, R.B. (1989). Teaching Science Through Discovery. Columbus: Merrill Publishing Company.

Dick, W. & Carey, L. (2009). The Systematic Design of Instruction (7th ed.). Grenview, IL: Scott, Foresman and Company.

Gall, J., Borg. W., & Gall, M. (2003). Educational Research: An introduction (7th ed.). Boston: Pearson Education.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Kartika.

Ottander, C, & Grelsson, G. (2006). Laboratory work: The Teachers’ Perspective. Journal of Biological Education. 40(3), 113-118.

Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana.

Rustaman, N.Y., Yudianto, S.A., dan Rochintaniawati, D. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: JICA IMSTEP: FPMIPA UPI.

Sukarso. (2005). Pengertian dan Fungsi Laboratorium. Diunduh dari http://wanmustafa. wordpress.com/2011/06/12/pengertian-dan-fungsi-laboratorium/

Watson, R., Prieto, T. & Dillon, S.J., (1995). The Effect of Practical Work on Students’ Understanding of Combustion. J. Research in Science Teaching. Vol 32, No. 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.