Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA Se-Kota Salatiga

sulasfiana alfiraida

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi materi Biologi SMA Kelas XI semester gasal yang dipandang sulit menurut siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Data dikumpulkan melalui angket yang melibatkan siswa SMA dengan populasi siswa SMA kelas XII jurusan IPA se-Kota Salatiga. Sampel penelitian diambil dengan teknik convenience sampling dan diperoleh siswa sebanyak satu kelas dari tiap sekolah. Responden lain dalam penelitian ini adalah guru. Responden tersebut merupakan guru yang mengampu mata pelajaran biologi kelas XI IPA di tiap sekolah. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif dengan hasil sebagai berikut. Materi yang dianggap paling sulit oleh siswa dan guru adalah sama yaitu materi sistem regulasi. Materi yang dianggap sulit oleh siswa dan guru juga sama, yaitu materi sistem pertahanan tubuh. Siswa menyatakan bahwa materi tersebut dipandang paling sulit/ sulit dikarenakan konsep sulit dipahami dan materinya terlalu banyak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi sistem regulasi dan materi sistem pertahanan tubuh tergolong materi biologi SMA kelas XI yang sulit.


Keywords


Materi Biologi Sulit, Siswa dan Guru

Full Text:

PDF

References


Adriani, S & Lazuardi. 2016. Analisis kesulitan belajar siswa pada materi pokok sistem indra manusia (penglihatan, pendengaran, dan pengecap) di kelas XI IPA MAN 1 Stabat. Jurnal Pelita Pendidikan. 5 : 404-409.

Cimer, A. 2012. What makes biology learning difficult and effective: students’ views. Educ Res Rev. 7(3): 61-71.

Haryani, S., Prasetya, A. P., & Saptarini. 2014. Identifikasi materi kimia SMA sulit menurut pandangan guru dan calon guru kimia. Pemantapan Riset Kimia dan Asesmen Dalam PembelajaranBerbasis Pendekatan Saintifik. (Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VI).

Henno, I. & Reiska, P. 2008. Using concept mapping as assessment tool in school biology. Concept Mapping: Connecting Educators. (Proc. Of the 3rd International Conference on Concept Mapping).

Irmayanti, Hasrudin, & Kartika. 2017. Analisis kesulitan belajar siswa pada materi pokok hormon di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Matauli Pandan tahun pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 12 (1): 1 – 6.

Juhji. 2017. Upaya mengatasi miskonsepsi siswa pada materi sistem saraf melalui penggunaan peta konsep. Jurnal Formatif. 7(1): 33-39

Karagos, M. & Cakir, M. 2011. Problem solving in genetics: conceptual and procedural difficulties. Educational Sciences: Theory & Practice. 11(3): 1668-1674.

Liliasari. (2011). Membangun Masyarakat Melek Sains Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. [Online]. Diakses dari http://liliasari.staf.upi.edu/files/2011/05/Makalah-Semnas-UNNES2011.Liliasari.pdf.

Sudarisman, S. 2015. Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea. 2 (1): 29-35.

Suhartono, B. S., Suarsini, E., & Tenzer, A. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Imun untuk Kelas XI SMA. [Online]. http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelF324D4E39CD052DD3FA060E5A4AD752C.pdf

Zulfiani, Marlina, R., & Panjaitan, R. G. B. 2012. Analisis kesulitan belajar siswa pada konsep sistem regulasi manusia di kelas XI SMAN 4 Pontianak. Jurnal Ilmiah Al Ribaath LPPN UNMUH Pontianak. 9 (1): 65-69.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg