Eksplorasi Nilai-Nilai Keislaman dan Etika Lingkungan pada Komunitas Peduli Sungai di Kecamatan Cluwak Pati

Irma Yuniar Wardhani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Pihak yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah mereka yang mengetahui, memahami, dan mengalami fokus kajian penelitian ini, yaitu yang mengetahui, memahami sejarah dan pelaksanaan kegiatan sebagai upaya pengamalan nilai-nilai keislaman dan etika lingkungan pada komunitas peduli sungai di kecamatan Cluwak, Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dalam beberapa tahap yaitu: tabulasi dan klasifikasi data, reduksi data, interpretasi data dan penyimpulan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa adanya fenomena penumpukan sampah di sekitar jembatan Kebolanjam yang berada di titik 500 m sungai B, komunitas peduli sungai mengambil langkah operasional yang efektif dan kreatif untuk mengatasi pencemaran sampah di sekitar aliran sungai sebagai wujud nyata etika terhadap lingkungan dengan konsep bersih dan elok serta tidak melupakan upaya untuk perbaikan sikap masyarakat melalui internalisasi nilai-nilai islam (nilai ilahiyah dan insaniyah) melalui majelis taklim dan peningkatan pendidikan agama dalam berbagai forum atau kegiatan masyarakat desa Ngablak secara kontinyu

Keywords


nilai-nilai keislaman, etika lingkungan, komunitas peduli sungai.

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin W & David R.Krathwohl. (2010). Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Terjemahan Agung Prihantoro). New York: Addison Wesley Longman.

Desfandi, Mirza. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal, 2 (1), 2015, 31-37.

Halid, Idham, Prabang Setyono dan Sunarto (2014). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Sikap Ramah Lingkungan untuk Mewujudkan Masyarakat Sadar Lingkungan Melalui Gerakan Pondok Pesantren. Jurnal Ekosains, Vol. VI, No. 1.

Harahap, Rabiah Z. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal Edutech Vol .1 No 1 Maret 2015, ISSN : 2442-6024, E-ISSN : 2442-7063

Hermawansyah dan Suryani. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak-Anak Para Muallaf. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan Volume 5, Nomor 1, Mei 2017; P-ISSN 2338-2325; E-ISSN 2540-9697.

Ramdhani, Deddy (2015). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Naskah Publikasi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusdina, A. (2015). Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan yang Bertanggung Jawab. Jurnal Kajian Islam, Sains dan Teknologi, Juli 2015 Volume IX No. 2 ISSN 1979-8911.

Rusmadi (2016). Ecosophy Islam: Studi Tematis-Kontekstual Nilai-Nilai Etika Lingkungan dalam Islam. Jurnal Studi Masyarakat Religi Dan Tradisi Volume 02 No.02

Sarbini, Ahmad. (2010). Internalisasi Nilai Keislaman Melalui Majelis Taklim. Jurnal Ilmu Dakwah No. 16 Vol. 5.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpg