PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DISERTAI MEDIA FLIPCHARTS DAN MEDIA VIDEO DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH DAN KEINGINTAHUAN

Saiful Bahri, Ashadi Ashadi, Puguh Karyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning disertai media flipcharts dan media video ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah dan keingintahuan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian TPHP SMK Negeri 3 Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, angket keingintahuan, dan soal pemecahan masalah serta metode observasi untuk mendapatkan data prestasi belajar afektif dan psikomotor. Data dianalisis menggunakan anava tiga jalan dengan desain factorial 2 x 2 x 2 menggunakan SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa : 1) ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan media video dan flipcharts, 2) tidak ada pengaruh antara kemampuan memecahkan masalah terhadap prestasi belajar, 3) tidak ada pengaruh antara keingintahuan terhadap prestasi belajar, 4) tidak memberikan pengaruh secara bersama media flipcharts maupun video dengan kemampuan memecahkan masalah terhadap prestasi belajar, 5) tidak memberikan pengaruh secara bersama media flipcharts maupun video dengan keingintahuan terhadap prestasi belajar, 6) kemampuan memecahkan masalah dan keingintahuan siswa merupakan dua hal yang saling independen sehingga jika keduanya dinteraksikan tidak memberikan perbedaan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, 7) pengguanaan media pembelajaran , kemampuan memecahkan masalah dan keingintahuan siswa secara bersama-sama ternyata tidak memberi pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kognitif siswa.


Keywords


model pembelajaran project based learning , media flipcharts , media video,kemampuan memecahkan masalah, keingintahuan, morfologi tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S, 2008. How do Animations influence learning. Nothingham : University of Nothingham.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakrta : PT Raja Grafindo Perkasa.

Asyhar, R. 2011. Kreatif mengembangkan media pembelajaran, Jakarta : Gaung Persada Press.

Arief, F. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Budiyono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Budiyono, 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Brotosiswoyo. 2001. Hakekat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. PAU-PPAI Dirjendikti.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Dikdasmen. Jakarta : BSNP.

Carin, AA. & Sund, RB. 1975. Teaching Science Through Discovery. Columbus. Ihio : Charles E. Merrill Publishing Company.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dahar, RW. 1989. Teori-Teori belajar. Bandung : Erlangga.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi.

Grabowski, BL. Generative Learning Contribution to The Design of Instruction and Learning. Penn State University.

Gulten, DC, Yaman, Y, Deringol, Y, Ozsary, I. 2011. Investigating The Relationship Between Curiosity Level and Computer Self Efficacy Belief of Elementary Teacher Candidate. The Turkish On Line J. Educational Technology. 10(4): 248-254.

Komaruddin Hidayat. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : YAPPENDIS.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman : Aswaja Presindo.

Made Wena. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Samsudi. 2005. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES Press.

Sukadmadinata, SN. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, U, Sri Hendrawati, Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora.

Warsono, Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital