Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Self Regulation Biologi Kelas XI : Pengaruh Model Auditory, Intellectually dan Repatition (AUDI-IR)

Nukhbatul Bidayati Haka, Vanny Dhea Pratiwi, Bambang Sri Anggoro, Abdul Hamid

Abstract


Hasil pembelajaran biologi yang belum tercapai secara baik dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir siswa. Pembelajaran secara umum belum melibatkan laboratory skills, terjadinya passive learning, kurangnya interaksi antar siswa, pembelajaran jarang melibatkan learning society, penilaian masi bersifat sporadic yang jarang menilai secara utuh baik keterampilan proses, self regulation, maupun kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repatition terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Self Regulation pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest dan posttest control group design, dengan teknik sampling Teknik acak kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang diterapkan dikelas kontrol (XI MIA2)  dan eksperimen (XI MIA3) pada materi sistem pencernaan tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi keterampilan proses sains, angket Self Regulation. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai ngain KPS kelas kontrol 0.45 (sedang) dan kelas eksperimen 0.67 (sedang), sedangkan nilai ngain self regulation kelas kontrol 0.36 (sedang), dan kelas eksperimen 0.52 (sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repatition terhadap keterampilan proses sains dan self regulation pada kelas XI.


Keywords


Biologi, Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repatition, Keterampilan Proses Sains, Self Regulation

Full Text:

PDF

References


Astutik, N., Susanti, E., Madlazim, & Nur, M. (2017). Effectiveness Of Collaborative Students Worksheet To Improve Students Affective Scientific Collaborational And Science Proses Skill (SPSS) Internasional. Jurnal Of Education And Reseach, 5(1).

Atik, B., Ferina, A., & Ari, W. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Pada Penerapan Model AIR (Auditory, Intellectually, dan Repatition) Berbantu Media Kartu Soal Cerdas Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Sampangan 02 Semarang. Jurnal Wahana Kreatifitas Pendidik, 2(2).

Bayuningsih, A. S., UDO, B., & Subanti, S. (2017). Analysis Of Junior High School Students Problem-Solving Ability Reviewed Self Regulated Learning, 2(1).

Ernawati, Siska, A., Farida, & Bambang, S. A. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Desimal: Jurnal Matematika.ISSN:2613-9073 Online ISSN: 2613-9081, 2(3).

Fitri, H., Suartama, I. K., & Sentosa, I. P. P. (2000). Implementasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually,Repatition Untuk Meningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Media Edukasi ISSN 2580-3844, 3(1).

Gusnindar, Netriwati, & Fredi, G. P. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software. JENS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains.

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogya: Pustaka Belajar.

Martini, N. K., Tripalupi, L. E., & Haris, I. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repatition (AIR ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2017 / 2018. ejournal Jurusan Ekonomi, 10(2).

Meltzer. (2002). The relationship between mathematics preparition and conseptual learning gains in physics: a possible, hidden variable. in diagnostic pretest scores. Am.J. Physic. Departemen of physics and Astronomy, lowa State Universiti, Ames, Lowa 5001.

Mu’min, S. . (2016). Regulasi Diri Dalam Belajar Mahasiswa Yang Bekerja. Jurnal AL-Ta’dib, 9(1).

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Roskarya.

Nining, K., & Nukhbatul, B. H. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two- Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsis Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi.p-ISSN: 2086-5945 e-: 2580-4960, 8(1).

Nisa Azisah. (2016). Pengaruh MetodeAutdoor Learning Terhadap Peningkatan Self Regulation Dan Keterampilan Proses Sains Siwa Kelas X Di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. skripsi program S1 pendidikan biologi IAIN Raden Intan Lampung, Bandar lampung 2016.

Nurwijiyanti, A., Jazulu, A., & Widyastuti, E. (2017). The Description Of Students Matematical Problem-Solving Skiil And Self Regulation, 2(1).

Qomariyah, N, Mahadewi, M., & Beni, S. (2014). Penerapan Model Pmebelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatan Keterampilan Proses Sains Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sainse-Pensa, 2(1).

R., A. S., & Siti, K. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repatition Dalam Pengajaran Matematika Di kelas VII MTS. PENDIDIKAN, Edu-ma-JURNAL.

Serly, G., Bambang, S. A., Nukhbatul, B. H., & Akbar, H. (2018). Analisis Ketrampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi.p-ISSN: 2086-5945 e-ISSN: 2580-4960, 9(2).

Sohimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Bandung: Bumi Aksara.

Susi, M. (2016). Metode Demonstrasi Interaktif Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Konsep Metabolisme Pada Siswa Kelas XII SMA Angkasa Bandung, 1(1).

Wallen and Freankel. (1932). How To Desaign And Evaluate Researh In Education Sixht Edition. In in E-Book.

Wawan, E. S., & Neri, E. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatan Ketrampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Claon Guru IPA SD. Jurnal Pesona Dasa ISSN :2337-9227, 6(2).

Winda, E., Hilarius, J. D., & Julung Hendrikus. (2018). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually dan Repatition) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. jurnal Sainsmat, VII(1).

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills And Attitudes To Coord Science Among Palestinian Secondary School Students. Jurnal Internasional, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i1.6922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital