Keanekaragaman Tanaman Terestrial Di Pulau Panjang Kabupaten Jepara

ananda salsabila salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman tanaman teresterial yang terdapat di Pulau Panjang, Desa ujung Batu, Kabupaten Jepara. Pengamatan ini dilaksanakan di hutan pantai yang ada di Pulau Panjang. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan pengambilan data sampel di area seluruh areal pulau panajang. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripstif dengan cara membuat deskripsi dan klasifikasi dari jenis yang ditemukan. Hasil penelitian menemukan 15 species yang terdiri atas 10 ordo dan 11 family. Terbagi atas 13 species pohon, 1 species semak, dan 1 species perdu. Adapun tanaman yang mendominasi di Pulau Panjang adalah Casuarina equisetifolia L. (Cemara Laut), Pemphis acidula (Stigi), Leucaena sp. (Lamtoro), Ceiba sp. (Kapuk Randu), Tamarindus sp. (Asam), dan Terminalia sp. (Ketapang).


Keywords


Keanekaragaman Tumbuhan, Hutan Pantai, Pulau Panjang

References


Bengen, D.G. (2000). Ekosistem dan Sumber Daya Alam Pesisir. Pusat Sumber Daya Pesisir dan Lautan. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Chooi, Ong Hean. (2004). Tumbuhan Liar: Khasiat Ubatan dan Kegunaan Lain. Malaysia: Sdn Bhd

Disparbud Jepara. (2020). Statistik Kunjungan Wisatawan Jepara. online at http://disparbud.jepara.go.id/2020/01/statistik-kunjungan-wisatawan-2019/

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Mirmanto, E. (2010). Komposisi Flora dan Struktur Hutan Alami di Pulau Ternate, Maluku Utara. Jurnal Biologi Indonesia vol. 6 No. 3.

Muanmar., Suleman, S.M., Nurdin, M. (2017). Jenis-jenis Tumbuhan di Pesisir Pantai Desa Tibo dan Pemanfaatannya sebagai media pembelajaran. e-JIP BIOL Vol. 5 No. 1.

Ningsih, Sekar. (2015). Buku Pintar Pembibitan Pohon Ulin: Membahas Tentang Pohon Ulin, Jakarta: Lembar Langit Indonesia.

Onrizal., dan Kusmana, C. (2004). Kajian Ekologi Hutan Pantai di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Teluk Jakarta. Jurnal Komunikasi Penelitian, Vol. 16 No. 6.

Pugesehan, D. J. (2011). Analisis Kondisi Hutan di Kawasan Pantai Natsepa Kabupateen Maluku Tengah. Jurnal Agroforestri, Vol. 6 No. 1.

Purwanto. (2007). Mengenal Lebih Dekat Leguminoseae. Jakarta: Kanisius.

Redaksi AgroMedia. (2008). Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit. Jakarta: PT Agromedia Pustaka.

Rukmana, Rahmat. (2005). Asam Budidaya dan Pascapanen. Jakarta: Kanisius.

Suprapti, M. Lies. (2005). Aneka Olahan Pepaya Mentah dan Mengkal. Yogyakarta: Kanisius.

Syamsul, R Hidayat dan Napitupulu, Rodame M. (2015). Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo.

Tuheteru, FD dan Mahfudz. (2012). Ekologi, Manfaat & Rehabilitasi, Hutan Pantai Indonesia. Manado: Balai Penelitian Kehutanan Manado.

Warisno. (2003). Budi Daya Kelapa Genjah. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v3i1.7438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jobe Journal Indexed by :

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/crossref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpgHasil gambar untuk gambar garba rujukan digital