ANALISIS KESULITAN DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN RUANG DIMENSI DUA

Djatmiko Hidajat

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitan kualitatif deskriptif yang bertujuanuntuk mengetahui berbagai kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP N 4 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan permasalahanruang dimensi dua dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan ruang dimensi dua. Subyekpenelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 4 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo dan sumber data adalah hasil tes dan wawancara. Strategi pengumpulan data dilakukan dengan caraobservasi, metode tes, metode wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu dengan membandingkan hasil data tes dan hasil data wawancara. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis-jenis kesulitan yang dihadapi siswa antara lain: (a)Kesulitan memahami perintah soal. (b) Kesulitan belajar konsep awal pada bangun ruang.(c) Kesulitan menentukan rumus yang digunakan. (d) Kesulitan menghitung. Penyebab kesulitan belajar adalah (a) Siswa kurang memahami materi matematika khususnya bangun ruang. (b) Siswa kurang memperhatikan guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas. (c) Siswa kurang latihan soal matematika. (d) Siswa masih belum faham dengan konsep-konsep dasar yang sudah diajarkan pada materi bangun datar. (e) Siswa belum faham satu konsep namun harus digabungkan dengan konsep lain. Cara mengatasi kesulitan yang dialami siswa adalah: (a) Memberikanmetodepembelajaran yang menyenangkan untuk menambah minat siswa dalam mempelajari matematika. (b) Memperbanyak latihan soal dengan cara melakukan kuis, permainan berskor, dan memberikan nilai tambahan kepada siswa yang bisa menjawab dengan benar. (c) Guru membentuk kelompok belajar yang bertujuan untuk membahas kesulitan yang dialami siswa. (d) Guru membantu siswa untuk mempelajari dan memahami materi dari suatu konsep dasar.

Keywords


Kesulitan Belajar Matematika, Penyebab Kesulitan Belajar Matematika, Solusi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akssara. Hal 67

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Danim, Sudarwan. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta. hlm. 238-254.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja rosdakarya. hlm. 1.

Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Mutia. 2017. “Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya”. Jurnal Beta. Vol. 10, No. 1, Mei 2017.

Nursalam. 2016. “Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Studi Pada Siswa SD/MI di Kota Makassar”. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 19, No. 1, Juni 2016.

Pradana, Pascalian Hadi. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT & STAD dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Gammath. Vol. 1, No. 2, September 2016.

Rahim, Utu. 2010. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Pendekatan Struktural Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII2 SMP N 4 KENDARI”. Jurnal MIPMIPA. Vol. 9, No. 1, Februari 2010. hlm. 79.

Sholihah, Silfi Zainatu, dan Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2017. ”Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele”. Jurnal Mosharafa. Vol. 6, No. 2, Mei 2017.

Slameto. 2010. BELAJAR dan faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Sugiyono. 2014. Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. hlm. 363-378.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Jakarta: PT BAJA GRAFINDO PERSADA. hlm. 137.

Supriadi, Nanang, dan Damayanti, Rani. 2016. “Analisis Komunikasi Matematis Siswa Lamban Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar”. Jurnaal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 1, Juni 2016.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. hlm. 3.

Suryani, Yulinda Erma. 2010. “Kesulitan Belajar”. Jurnal Magistra. No. 73, September 2010. hlm. 33.

Usman, Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. BANDUNG: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.