PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PETA KONSEP PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X SMA DI KABUPATEN KUDUS

Endang Sri Handayani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan peta konsep, Jigsaw tanpa peta konsep, dan pembelajaran langsung ditinjau dari sikap ilmiah peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3x3. Penelitian dilaksanakan pada bulan September - Nopember 2015. Populasi adalah seluruh peserta didik SMA se-Kabupaten Kudus kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah nilai UAN, angket sikap ilmiah, dan tes prestasi belajar matematika dengan materi persamaan kuadrat dalam bentuk pilihan ganda. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran kooperatif model Jigsaw dengan peta konsep menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada Jigsaw tanpa peta konsep dan pembelajaran langsung; (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang mempunyai sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada yang mempunyai sikap ilmiah sedang atau rendah, peserta didik dengan sikap ilmiah sedang maupun rendah mempunyai prestasi belajar matematika yang sama; (3) Pada masing-masing model pembelajaran, prestasi belajar matematika peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada yang memiliki sikap ilmiah sedang atau rendah; (4) Pada masing-masing tingkatan sikap ilmiah, pembelajaran dengan Jigsaw dengan peta konsep menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada Jigsaw tanpa peta konsep maupun pembelajaran langsung.

Keywords


Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Peta konsep, Sikap ilmiah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Paryanto, Adi. (2012). Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Dan Group Investigation Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa. Surakarta: Tesis. Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNS.

Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

----------. (2009). Statistik Untuk Penelitian Edisi ke 2. Surakarta: UNS Press.

----------. (2011). Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press

Fakhruddin. (2010). Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan

Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-3

SMA Negeri Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains 4 (1), 18-22, 2010 .Program

Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau ISSN 1978-502X

Puspitaningtyas, Magdalena. (2011). Eksperimentasi Penggunaan Peta Konsep Pada

ModelPembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Kemampuan Prasyarat Siswa Kelas X SMA Di Surakarta Tahun Pelajaran 2010-1011. Surakarta: Tesis. Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNS.

Mengduo, Q. & Xiaoling, J. (2010). Jigsaw Strategy as a Cooperative Learning Technique:

Focusing on the Language Learners. Chinese Journal of Applied Linguistics

(Bimonthly), 33(4), 113-125.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Redaksi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.