Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs.6 dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas X Materi Pokok Pertidaksamaan Satu Variabel

Nanang Nabhar Fakhri Auliya

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pembelajaran di kelas yang cenderung monoton karena kurangnya media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah merencanakan dan memproduksi suatu produk media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi pertidaksamaan satu variabel dan mengetahui kelayakan dari CD pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran matematikamenggunakan software adobe flash CS.5 standar kompetensi pertidaksamaan satu variabel pada kelas X Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran dan mengetahui kualitas CD pembelajaran matematika tersebut berdasarkan penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media dan 61 siswa kelas X. Pengembangan ini dimulai dengan cara analisis standar isi dilanjutkan dengan mengumpulkan referensi media, kemudian menyusun rancangan media, dan membuat CD pembelajaran. CD pembelajaran yang telah dibuat dikonsultasikan kepada ahli materi dan ahli multimedia, masukan/saran selanjutnya digunakan untuk merevisi CD pembelajaran. Hasil revisi tersebut diujikan kepada siswa di 2 kelas. CD prmbelajaran ini memuat standar kompetensi pertidaksamaan satu variabel dengan materi pertidaksamaan liniear, pertidaksamaan kuadrat, pertidaksamaan pecahan, pertidaksamaan bentuk akar dan pertidaksamaan harga mutlak. Penelitian telah berhasil mengembangkan CD pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian dari 61 siswa kelas X MA Sunan Pandanaran dengan persentase 83,67% sehingga CD pembelajaran layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran, Adobe Flash CS.6, Pertidaksamaan Satu Variabel.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Baharuddin. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

Cagara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Kedua). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA.

Istiqlal, Muhammad. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS.3 Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X Semester 1 Standart Kompetensi Sistem Pertidaksamaan Satu Variabel. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Krisna. (2009). “Pengertian dan Ciri-ciri Pembelajaran“. http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/, diunduh tanggal 22 desember 2011 jam 12:24.

Nurina, Hidayah. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Kelas VIII Bilingual. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Prasetyo, Fransiskus Hadi. (2007). Desain dan Aplikasi Media Pembelajaran dengan Menggunakan Flash MX. Yogyakarta: ARDANA MEDIA.

Rahardjo, Mudjia. (2011). “Peringkat Pendidikan Indonesia Menurun”. Mudjiarahardjo.com/artikel/315-peringkat-pendidikan-indonesia-menurun html. diunduh tanggal 7 April 2012 jam 08: 00.

Setijo, Ade. (2010). “Adobe Flash: vektor-animasi-swf”. http://dotcomcell.com/kumpulan-artikel/2010/11/adobe-flash-vektor-animasi-swf.html. diunduh tanggal 21 desember 2011 jam 10:48.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sadiman, Arief S. (2007). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unikaja.com. (2011). “Wow, Indonesia Juara Umum Olimpiade Matematika”. www.unikaja.com/2011/10/wow-indonesia-juara-umum-olimpiade.html. diunduh tanggal 22 Desember 2011 jam 13:25.

Wikipedia. (2011). “Komputer”. http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer. diunduh tanggal 21 Desember 2011 jam 10:31.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.