KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN DAYA NALARSISWA

Mulyaningrum Lestari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan daya nalar siswa kelas X. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus, Pati. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilihkelas X.C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran, dan kelas X.D sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, proporsi, dan perbedaan rerata. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil kemampuan daya nalar kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan minimal siswa sebesar 88,46 %;2) rata-rata kemampuan daya nalar kelas eksperimen yaitu 78 lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,30; Saran penelitian ini: model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran materi dimensi tiga.


Keywords


CD pembelajaran; dimensi tiga; talking stick.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2012. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Fajar, S. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta

Hamalik, O. 2003. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jica.

Linchevski, L and William, J. 1999. “Using Intuition From Everyday Life In ‘Filling’ The Gap In Children’s Extension of Their Number Concept to Include The Negative Numbers. Educational Studies in Mathematics Journal. No. 39, p. 131 – 147.

Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: ANDI

Dewi, R.P. 2012. Eksperimentasi Perpaduan Model Pembelajaran Talking Stick dan Time Token Berbantuan LKS dalam Mempelajari Materi Pokok Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA. Semarang: UNNES.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Pres.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suherman, E dkk. 2003. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186