PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL KUDUS

Ulfa Masamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk etnomatematika yang terdapat pada budaya lokal Kudus, mengembangkan model pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Kudus. Jenis penelitian ini merupakan R&D (research and development) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Adapun uji coba terbatas dilakukan di Yayasan Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Putri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, observasi dan angket. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwasanya ditemukan bentuk etnomatematika pada budaya lokal Kudus yang difokuskan pada lokasi masjid dan menara Sunan Kudus yang dalam hal ini hanya diambil pada sisi materi segiempat dan segitiga. Kevalidan lembar kerja siswa sebesar 3,97 berada pada kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian B yang berarti dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 81%.

Keywords


Etnomatematika, Budaya Lokal, Pembelajaran, Kudus.

Full Text:

PDF

References


Ann Forbes, W. 2018. Using Ethnomathematics Principles in The Classroom: A Handbook for Mathematics Education, Ontario: Faculty of Educaion, Brock University.

Bishop, J. A. 1988. Mathematics education in its cultural context. Educational Studies in Mathematics.

Bishop,J.A. 1994. Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. For the Learning of Mathematics, 14(2), 15-18.

Hiebert, J.& Carpenter, T.P. 1992. Learning with Understading. Dalam D.G. Grouws (Ed), Handbook of Research on Mathematics Reaching and Learning. New York: Macmillan.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding it up. Helping Children Learn Mathema- tics , Washington, D. C.: National Academy Press.

Laurens, T. 2016. Analisis Etnomatematika Dan Penerapnya Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Lemma 3, no. 1.

Nuh, Z. M. dan Dardiri. 2016. Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,Vol.19, No.2 Juli –Desember 2016

Munaldus. 1998. Etanomatematika dalam Masyarakat Dayak di Kalimantan Barat. Pontianak: FMIPA-FKIP UNTAN.

Rahmawati, R, M. 2016. ”Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Mayarakat lampung”, dalam Jurnal Al-Jabar, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 No. 2.

Riandono, O. 1985. Potensi Wisata Budaya, Pilgrim, dan Alam di Kudus, Kudus: Pemerintah Kabupaten Dati II Kudus Dinas Pariwisata

Rusliah, N. 2016. Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, Surabaya – Indonesia, 2 - 5 August 2016.

Saparudin, A. N. dan Palobo, M. 2017. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1, Maret 2017.

Sayu, S., dkk. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Bernuansa Etnomatematika dalam Suku Dayak Kanayat’n di Kalimantan Barat untuk membantu Siswa Sekolah Dasar Mempelajari Konsep Matematika. Penelitian Fundamental Tahun anggaran 2009. Tidak diterbitkan.

Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 15 No. 1 Juni 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186