‘DIVA THE SERIES’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN NILAI SOSIAL DAN KEAGAMAAN BAGI ANAK

Suciati Suciati

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial dan nilai keagamaan yang ada dalam film kartun “Diva the Series’ serta mengetahui bagaimana pengaruh film kartun “Diva the Series” terhadap perkembangan anak. Subjek penelitian ini adalah film kartun “Diva the Series”. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang fokus pada content analysis (analisis isi) dengan subjek penelitian “Diva the Series” episode 1-50 . Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai sosial yang terkandung dalam film tersebut adalah nilai ekonomi, nilai rekreasi, nilai perserikatan, nilai kejasmanian dan nilai watak dengan nilai watakdan perserikatan mendominasi dalam nilai sosial ini. Nilai keagamaan yang terkandung dalam  film kartun “Diva the Series” meliputi nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak. Dan hasil ketiga menunjukkah bahwa film kartun “Diva the Series” memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan anak karena mengandung nilai sosial dan keagamaan yang sangat tinggi sehingga anak menjadi lebih peka terhadap kondisi apapun.


Keywords


“Diva the Series”, media pembelajaran, penanaman nilai, nilai sosial, nilai keagamaan

References


Azhar Arsyad, Media Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000

Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000

DepDikBud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990

Farida Mayar, Perkembangan Sosial Anak Usia Dini sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa, Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013

Ian Dey, Qualitative Data Analysis, New York: RNY, 1995

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009

Masnur Muslich. Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Erlangga, 2009

Nasirudin, Pendidikan Tasawuf, Semarang: Rasail Media Group, 2010

Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003

Rois Mahfud, Al-Islam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Erlangga, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009

Tim Penyusun, Media Pembelajaran, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal

Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama‟ah, Semarang: Pustaka Imam asy-Syafi‟i, 2004

Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1996

Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2005

Zakiyah Kholidah. Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim (Studi Kasus di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta). AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, Volume 3, Nomor 1, Maret 2013

Zubaidi, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.