PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK TUNAGRAHITA DALAM PENDIDIKAN VOKASIONAL Studi Deskriptif Kualitatif di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda “Raharjo” Sragen

Etik Kurniawati

Abstract


Pentingnya suatu pendidikantermasuk di dalamnya adalah pendidikan akhlak bagi seluruh warga negara. Tidak terkecuali bagi anak tunagrahita yang memiliki kekurangan atau keterbatasan dalam hal mental. Kekurangan atau keterbatasan tersebut tidak menjadi suatu penghalang bagi anak tunagrahita di dalam menerima haknya yaitu dalam hal pendidikan. Dalam kenyatannya pendidikan bagi anak tunagrahita tidak dapat disamakan dengan anak normal pada umumnya.Bukan berarti dengan kekurangan yang dimiliki anak tunagrahita tidak bisa dididik dan diarahkan untuk berakhlak baik.Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak bagi anak tunagrahita melalui pendidikan vokasional di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda ”Raharjo” Sragen? (2) Akhlak apa yang dibentukmelalui penanaman pendidikan vokasional di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda ”Raharjo” Sragen?. Adapun tujuan penelitiannya untuk mengetahui metode yang digunakan dan akhlak yang dibentuk bagi anak tuna grahitamelalui pendidikan vokasional di Balai Rehabilitasi Sosial Disgranda”Raharjo” Sragen.



DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.