Peran Manusia Sebagai Khalifah Allah di Muka Bumi: Perspektif Ekologis dalam Ajaran Islam

Watsiqotul Mardliyah, S. Sunardi, Leo Agung

Abstract


Kerusakan alam dan lingkungan hidup yang lebih dahsyat bukanlah disebabkan oleh proses alam yang semakin tua, akan tetapi justru akibat dari ulah tangan-tangan manusia yang selalu berdalih memanfaatkannya. Dalam ajaran islam banyak hadis dan ayat akan kewajiban manusia untuk mengelola alam dan menjaga akan diminta pertanggungjawabannya, sehingga manusia tidak berhak berlaku sewenang-wenang dalam memimpin dan mengelola alam. Dalam penelitian ini akan lebih jauh dibahas bagaimana peran manusia sebagai khalifah di muka bumi dalam perspektif ekologis sesuai ajaran islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran manusia sebagai khalifah dari perspektif ekologis dalam ajaran islam?; (2) bagaimana manusia sebagai klahifah dimuka bumi dalam menjaga dan memelihara alam? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran manusia sebagai khalifah dari perspektif ekologis dalam ajaran islam; (2) manusia sebagai khalifah dimuka bumi dalam menjaga dan memelihara alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif jenis dengan jenis penelitian studi pustaka. Penelitian kepustakaan di lakukan melalui buku, majalah, jurnal, internet dan sebagainya. Selain itu dengan melakukan studi pengamatan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil yang ditemukan yaitu: (1) bahwa alam adalah segala sesuatu yang diciptakan Allah dengan segala isinya, dalam konteks ini, bahwa alam tidak hanya benda angkasa atau bumi dan segala isinya, tetapi alam juga terdapat diantara keduanya, tugas dari seorang khalifah menjadikan perlindungan bagi umat dan menjaga kelestarian alam (ekosistem), sehingga khalifah dan umat harus bersatu dan saling mencintai guna menjalankan kehidupan sesuai dengan syariat islam dan keberlangsungan hidup; (2) manusia adalah khalifah di muka bumi, tugas khalifah dalam Al Qur’an biasa disebut imaratul ardh (memakmurkan bumi) dan ibadatullah (beribadah kepada Allah). Allah menciptakan manusia dari bumi ini dan menugaskan manusia untuk melakukan imarah dimuka bumi dengan mengelola dan memeliharanya.


Keywords


Peran; Khalifah; Ekologis; Ajaran Islam; Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. et.al. 2012. Penelitian Tindakan Kela: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fadjar, A. Malik. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hafsin, Abu. 2007. Islam dan Humanisme: Akulturasi Humanisme Islam di Tengah Krisis Humanisme Universal. Yogyakarta : IAIN Walisongo dengan Pustaka Pelajar.

Hizbut Tahrir Indonesia. 2008. Struktur Negara Khilafah. Jakarta : Dar Al-Ummah.

Khadafi, Ahmad. 2017. Saat Islam Menjadi Agama Mayoritas di Dunia. http://khalifah/Saat-Islam-Menjadi-Agama-Mayoritas-di-Dunia, Tirto.ID.htm, diupload tgl- 6 April 2017.

Madjid, Nurcholish. 2009. Cita-Cita Politik Islam . Jakarta : Paramadina & Dian Rakyat. Masrokhin. Konsep Ekologi Islam Seyyed Hossein Nasr (Studi Kitab Al-Taharah dalam Kajian Fiqih), Konsep Ekologi Islam, Jurnal Irtifaq, Vol. 1, No 1, 2014.

Moleong, L.J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mufid, Sofyan Anwar. 2010. Ekologi Manusia. Bandung : Remaja Roesdakarya.

Muhaimin. 2015. Membangun Kecerdasan Ekologis (Model Pendidikan untuk Meningkatkan Kompetensi Ekologis). Bandung: Alfabeta.

Nahdi, Maize Said. Konservasi Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati Hutan Tropis Berbasis Masyarakat. Jurnal Kaunia, Vol.4, No.2; hlm 159-172, 2008.

Quddus, Abdul. Ecotheology Islam: Teologi Konstruktif Atasi Krisis Lingkungan, Ulumuha (Jurnal Studi Keislaman), Vol 16, No 2, 2012.

Soemarwoto, Otto. 1987. Ekologi, lingkungan hidup dan pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Supriatna, Nana. 2016. Ecopedagogy. Bandung : Remaja Roesdakarya, 2016.

Syakur, M. Perspektif Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Islam, Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 4. No. 1, hlm 44-56, 2008.

Usmani, Ahmad Rofi'. 2016. Jejak-jejak Islam. Yogyakarta : Bunyan.

Wahyu Supraptiningtyas. Tugas Manusia Sebagai Khalifah di Muka Bumi. http://blog.unnes.ac.id/malikhatundayyanah/2015/11/24/tugas.manusia-sebagai-khalifah-di-muka-bumi/ diupload, pada Minggu, 21 Agustus 2011 21:34 WIB

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v12i2.3523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.