Tujuan dan Materi Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran (Studi Tafsir Tarbawi Karya Ahmad Munir)

Mikyal Hardiyati, Umi Baroroh

Abstract


Abstrak :

Pendidikan yang dipandang oleh masyarakat sebagai human investment. Artinya bahwa pendidikan berperan dalam proses pembangunan karakter dan intelektual sebuah bangsa. Tolak ukur sebuah bangsa yang maju salah satunya dapat dilihat dari keberhasilan pendidikannya. Pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus dan konsep yang matang sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan dalam perspektif yang berbeda yaitu perspektif Al-Quran. Dalam artikel ini fokus membahas serta mengkaji terminologi pendidikan dalam beberapa istilah, tujuan dan isi atau materi pendidikan dalam perspektif Al-Quran.

Pendekatan deskriptif dan library research dalam penelitian ini sangat perlu dilakukan untuk mencapai fakta dan realitas yang ada khususnya perkembangan pada dunia pendidikan Islam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah studi tafsir tarbawi karya Ahmad Munir, sedangkan untuk data sekunder menggunakan buku-buku dan jurnal ilmiah yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Dari hasil penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dan library research diperoleh informasi bahwa didalam Al-Quran terdapat beberapa istilah pendidikan antara lain tarbiyah, ta’dib, ta’lim dan tazkiyah. Tujuan pendidikan pada akhirnya adalah membentuk manusia menjadi insan kamil dan bermanfaat bagi lingkungannya. Materi pendidikan terbagi kedalam 2 bidang yaitu bidang kajian-kajian keislaman dan bidang sains sosial serta eksakta.

Kata Kunci : Pendidikan, tujuan pendidikan, materi pendidikan dalam perspektif Al-Quran

Keywords


121095

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agil Husain Almunawar, Said. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat:Ciputat Press

Hasim.E. 1998. Ayat Suci Dalam Renungan Juz 1. Bandung:Pustaka

Izzam, Ahmad. Saehudin. 2012.Tafsir Pendidikan Studi Ayat-ayat Berdimensi Pendidikan. Banten:Shuhuf Media Insani

M.Yusuf, Kadar. 2013.Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Quran dalam Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara

Muhaimin. Mujib Abdul. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka DasarOperasionalitasnya.Bandung : Trigenda Karya

Munir Ahmad. 2008. Tafsir Tarbawi Mengungkap Pesan Al-Quran Tentang Pendidikan. Yogyakarta:Teras

Rahman Afandi, “Tujuan Pendidikan Nasional Perspektif Al-Quran”, Jurnal INSANIA IAIN PURWOKERTO, Vol.16, No. 3, September-Desember 2011, diunduh dari http://1599-Article Text-3044-1-10-20180528.pdf, tanggal 17 November 2018

Ramayulis. 2010.Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta:Kalam Mulia, 2010

Rosidin Dedeng. 2015. Pendidikan Dalam Al-Quran (Kajian Tematik dan Semantik). Bandung:Insan Rabbani




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i1.4921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN by Research Center of IAIN Kudus, Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.